Featured Image Article 3552

4 Kebiasaan Sederhana untuk Mencegah Jerawat

Tidak ingin jerawat menghiasi wajah cantikmu? Pastikan kamu melakukan 4 hal ini ya!

Marga Photo
Marga
Editor
di Skin Care

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang utama bagi para wanita. Timbulnya jerawat terkadang mengganggu peampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Apabila jerawat sudah tumbuh, berbagai perawatan kerap dilakukan untuk mengatasinya dan membuat kulit wajah kembali mulus.

Padahal, ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat lho, ladies! Dengan melakukan beberapa kebiasaan ini, kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan kulit mulus bebas jerawat.

4 Kebiasaan Sederhana Untuk Mencegah Jerawat

Apa sajakah 4 kebiasaan itu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah

Kebiasaan yang paling sederhana untuk mencegah timbulnya jerawat adalah dengan membersihkan wajah. Membersihkan wajah akan membantu menyingkirkan kotoran, debu dan sisa make up pada wajah yang dapat menyumbat pori-pori. Apalagi setelah beraktivitas seharian, tentu kotoran-kotoran tersebut akan menumpuk pada wajah. Pori-pori tersumbat inilah yang merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat. Kamu tak perlu membersihkan wajah terlalu sering ya ladies, karena ini dapat membuat wajahmu terasa kering. Kamu hanya perlu membersihkan wajah dua kali dalam sehari saja. Kamu bisa gunakan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Perhatikan Kebersihan Rambut

Keramas

Rambut yang kotor juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat membandel. Pastikan kamu membersihkan rambutmu secara berkala agar kotorannya tidak sampai ke wajah dan menyebabkan jerawat. Kondisi rambut yang berminyak dikatakan sebagai kondisi yang paling mudah membuat kulit berjerawat. Jika sampo saja tak efektif, kamu bisa gunakan berbagai bahan-bahan alami untuk dibuat jadi masker rambut. Dengan berkurangnya minyak pada rambut, maka kemungkinan jerawat akan timbul juga akan berkurang.

3. Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

Pegang wajah

Seringnya menyentuh wajah dengan tangan juga merupakan faktor penyebab timbulnya jerawat. Jika kamu ingin mencegah jerawat timbul, kurangilah frekuensi menyentuh wajahmu dengan tangan! Apabila kamu ingin mengaplikasikan produk skin care atau make up menggunakan tangan kosong, pastikan kamu membersihkan tanganmu terlebih dahulu ya, ladies! Tidak hanya untuk menjaga kebersihan wajah, membersihkan tangan juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuhmu.

4. Gunakan Masker Alami Madu

Masker madu

Apabila jenis kulit wajahmu berminyak, mungkin kamu lebih rentan berjerawat, ladies! Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan masker madu, dua kali seminggu secara rutin. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengoleskan madu pada wajah secara merata. Kemudian, diamkan selama kurang lebih sepuluh menit, lalu bilas dengan air. Walaupun terasa agak lengket, madu merupakan salah satu bahan alami yang ampuh mencegah timbulnya jerawat.


Kebiasaan-kebiasaan ini tidaklah sulit, bukan? Yuk, mulailah kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan wajah dan lakukan perawatan sederhana agar wajah senantiasa terjaga dari jerawat. Selamat mencoba, ladies!