Featured Image Article 3572

3 Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami yang Mudah dan Efektif

Jenuh dengan bekas luka yang tidak kunjung menghilang dan mengganggu penampilanmu? Hilangkan bekas luka membandel dengan 3 cara alami berikut ini!

Wikan Photo
Wikan
Contributor
di Skin Care

Bekas luka membandel yang sulit untuk dihilangkan memang menjadi masalah tersendiri bagi kulit cantikmu, ladies! Tak hanya mengganggu penampilan, bekas luka yang masih terlihat membekas meskipun sudah sangat lama ini pun juga tak jarang membuat pemiliknya merasa kurang percaya diri karena bekas luka tersebut terlalu terekspos atau berada di daerah yang sering terlihat, seperti wajah, tangan, lengan, dan kaki. Selain menggunakan produk penghilang luka yang sudah banyak dijual di pasaran, ternyata kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami di sekitar tempat tinggalmu untuk menghilangkan bekas luka secara alami dan efektif, lho ladies! Mau tahu bagaimana caranya? Langsung saja kita simak info lengkapnya berikut ini.

Madu

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam madu sudah terbukti khasiatnya untuk memulihkan luka dengan cepat dan membantu regenerasi sel kulit. Maka dari itu salah satu solusi untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan madu. Hal ini berlaku pada segala jenis bekas luka, baik luka bakar, terkena benda tajam, ataupun bekas jahitan. Caranya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mengoleskan madu murni ke seluruh permukaan kulit yang terdapat bekas luka, diamkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Bisa juga kamu mengoleskan madu sebelum tidur kemudian baru membilasnya pada keesokan harinya. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap harinya, minimal dalam jangka waktu 2 minggu untuk hasil yang maksimal.

Lidah buaya

Seperti yang kita tahu, tanaman serba guna yang satu ini memang memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan kulit cantikmu, ladies! salah satunya adalah dapat menghilangkan bekas luka secara efektif. Pasalnya, kandungan asam amino dan ligmin yang terdapat pada lidah buaya ini dapat mempercepat proses pergantian sel kulit baru, sehingga bekas luka pun akan cepat tergantikan dengan sel kulit baru. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan mengambil lidah buaya ukuran sedang kemudian cuci bersih, belah jadi dua dengan bentuk memanjang lalu oleskan daging buah yang menghasilkan lendir ke seluruh permukaan kulit di area bekas luka. Diamkan hingga mengering, kemudian bilas. Lakukan perawatan ini minimal 2 kali dalam satu hari, dalam jangka waktu satu minggu untuk hasil yang maksimal.

Minyak zaitun

Jenis minyak yang satu ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulitmu, ladies! Salah satunya adalah bisa menghilangkan bekas luka secara efektif. Caranya pun cukup  mudah, yaitu hanya dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan kulit yang terdapat  bekas luka, kemudian biarkan hingga kering. Untuk perawatan menghilangkan bekas luka dengan menggunakan minyak zaitun ini kamu tidak perlu membilasnya, cukup oleskan minyak zaitun sebanyak 2 sampai 3 kali setiap harinya selama 1 minggu untuk hasil yang maksimal.

Nah, itulah 3 cara mudah menghilangkan bekas luka secara alami dan efektif. Tidak hanya bebas dari bahan kimia berbahaya, cara perawatan di atas pun tidak menimbulkan efek samping pada jenis kulit apapun, lho ladies! Tertarik untuk mencoba?