Featured Image Article 3574

Cara Cepat Mengecilkan Perut dengan Diet Mudah dan Efisien yang Wajib Kamu Coba

Perut buncit memang membuat seseorang kurang percaya diri. Tapi, tahukah kamu tenyata sit up tidak bertujuan mengecilkan perut lho. Penasaran kan? Simak selengkapnya ya!

Inka Photo
Inka
Contributor
di Diet

Memiliki perut langsing tentu saja merupakan salah satu impian semua orang, terutama wanita. Kebiasaan buruk seperti nafsu makan yang berlebihan, banyak tidur dan kurang bergerak merupakan penyebab utama perut buncit. Untuk mengecilkan perut, banyak wanita yang rela tidak makan dan kurang minum. Cara yang salah ini tentu saja akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Mau tahu cara cepat mengecilkan perut? Yuk, simak selengkapnya!

Perbaiki Pola Makan

Makan

Coba pikir, mungkinkah kamu mendapat perut langsing jika masih makan sepuluh potong gorengan sehari? Tentu tidak mungkin, ladies. Sekeras apapun kamu berlatih, kalau pola makanmu tidak baik tentu hasilnya tidak akan optimal. Batasi sumber protein yang berlemak tinggi, ganti sumber karbo menjadi karbo kompleks seperti nasi merah atau oatmeal, minum air putih dengan cukup, serta perbanyak sayur dan buah bisa menjadi langkah awal memperbaiki pola makanmu. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus memberbaiki cara makanmu, seperti memberi jeda minum setelah makan, makan malam minimal 1 jam sebelum tidur dan mengunyah makanan dengan perlahan agar proses pencernaan berjalan dengan baik.

Bakarlah Lemak Berlebih Dahulu

Sit up

Sit up untuk mengecilkan perut? Ini adalah pemikiran yang salah. Perut buncit terjadi akibat timbunan lemak berlebih, sementara sit up tidak ampuh untuk membakar lemak. Sit up bertujuan untuk membentuk otot perut menjadi lebih kencang dan sixpack. Sehingga lebih cocok untuk yang telah memiliki perut rata. Membakar lemak perut dengan olahraga kardio seperti jogging, bersepeda, atau berenang akan sangat lebih efektif. Hindari olahraga berlebihan jika sebelumnya kamu tidak pernah berolahraga. Sebaiknya lakukan olahraga dengan bertahap untuk menghindari cedera otot.

Mengencangkan Otot Perut

Squat

Lemak diperut sudah terkikis? Sekarang waktu mengencangkan otot perut, ladies. Namun, jangan buru-buru melakukan sit up ya, gerakan multijoint seperti squat, bicycle crunch atau pull up lebih efektif melatih otot perut dibanding gerakan isolasi seperti sit up.

Untuk hasil yang lebih optimal kamu juga bisa menggunakan beberapa ramuan tradisional yang tentunya juga sangat efektif untuk mengecilkan perut.

3 Ramuan Tradisional untuk Mengecilkan Perut

1 . Minyak Kayu Putih, Jeruk Nipis dan Kapur Sirih

Jeruk nipis

Campurkan 1 sdt kapur sirih, 1 sdt minyak kayu putih dan 1 sdm jeruk nipis, kemudian aduk hingga rata. Oleskan di permukaan perut hingga diamkan hingga kering, selanjutnya pakailah korset atau stagen dipinggang.

2 . Teh Hangat dengan Jeruk Nipis

Teh hangat

Meminum teh hangat tanpa gula yang dicampur dengan perasan jeruk nipis setiap hari dengan rutin akan sangat bermanfaat untuk proses mengecilkan perut.

3 . Teh Hijau

Teh hijau

Rajin minum teh hijau dapat menurunkan berat badan dan membuat perut menjadi langsing secara alami. Sebaiknya minumlah teh hijau saat pagi hari setelah bangun tidur atau malam hari sebelum tidur.


Sebenarnya cara cepat mengecilkan perut yaitu selalu konsisten dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang optimal. Ingat, tidak ada cara instan dan ekspress untuk mengecilkan perut. Hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan program diet dengan sungguh-sungguh dan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.