Featured Image Article 3604

Inilah 4 Cara Diet Sehat untuk Wanita Berusia di Atas 40 Tahun

Wanita berusia di atas 40 tahun juga bisa tampil menarik dengan siasat diet sehat yang tepat lho, ladies.

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Diet

Banyak wanita yang merasa kalau usia senja pasti merenggut kecantikan. Wajah keriput, ulit kendur, dan tubuh bergelambir bikin sebagian besar wanita “senior” jadi minder dengan dirinya sendiri. Padahal urusan seperti ini bisa kok ditanggulangi agar tidak mengganggu rasa percaya diri. Faktanya, diet yang patut dilakukan wanita berusia di atas 40 tahun agak berbeda lo dengan diet bagi wanita yang lebih muda. Ingin tahu bagaiamana siasat diet sehat untuk wanita senior? Yuk simak ulasannya berikut ini!

 4 Cara Diet Sehat untuk Wanita Berusia di Atas 40 Tahun

Wanita usia 40 tahun memang seharusnya memiliki cara diet tersendiri. Nah, simak di sini caranya, ladies!

Jangan Malas Mengonsumsi Protein dalam Jumlah Cukup

Mengonsumsi protein

Protein adalah senjata ampuh bagi wanita berusia 40 tahunan. Mengonsumsi protein dalam jumlah cukup akan membantu menjaga massa otot. Jika kamu sudah rajin berolahraga, tentu massa ototmu berada dalam jumlah yang optimal. Sehingga konsumsi protein akan menghindarkan kondisi penyusutan massa otot.

Kalau kamu bisa mempertahankan massa otot, maka proses metabolisme pun akan tetap berlangsung maksimal. Tubuhmu mampu membakar kalori dengan baik sebagai asupan energi bagi otot.

Mari Menantang Kekuatan Ototmu!

Dumbbell

Sudah siap mengonsumsi protein dalam jumlah seimbang setiap hari, maka langkah selanjutnya adalah menantang kekuatan ototmu. Jangan sampai latihan otot yang kamu lakukan sebelum berusia 40 tahun jadi sia-sia, ya. Kamu tidak perlu ragu untuk melatih ototmu sesuai kemampuan. Lakukan saja weight lifting dimulai dari dumbbell dengan bobot ringan. Setelah terbiasa dengan dumbbell tersebut, ukuran dumbbell bisa ditingkatkan perlahan-lahan untuk mencapai kemampuan maksimalmu.

Waktu Tidur yang Cukup Adalah Sebuah Keharusan

Tidur cantik

Beberapa tahun lalu mungkin kamu merasa bahwa kamu tidak terlalu membutuhkan waktu tidur yang cukup. Sebab kamu tetap merasa bersemangat dan bugar meskipun tidur kurang dari 5 jam. Namun memasuki usia 40 tahunan, kebiasaan ini harus segera kamu ubah ya, ladies.

Di usia 40 tahun ke atas, tubuh wanita akan mengalami perubahan hormon yang cukup drastis. Oleh sebab itu, tubuh wanita membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar gejolak hormon tidak bertambah parah. Bila perubahan hormon bisa diatasi dengan baik, maka kenaikan berat badan yang drastis pun bisa dicegah. Salah satu caranya tentu saja dengan memiliki waktu tidur yang cukup, minimal 6 sampai 7 jam setiap hari.

Membatasi Konsumsi Gula Secara Cermat

Makan gula

Masih zaman cheating day dengan aneka makanan manis? Cheating day memang menyenangkan. Karena kamu bisa menyantap aneka makanan yang biasanya kamu hindari di waktu diet. Tetapi memasuki usia 40-an rupanya menuntutmu untuk lebih bijak dengan cheating day lo.

Alangkah baiknya jika kamu tidak lagi membiasakan diri dengan cheating day. Lakukan hal yang lebih bijak dengan cara mengurangi konsumsi gula secara teratur setiap hari. Asupan gula bukan cuma dari makanan manis saja lo. Kamu harus ingat bahwa aneka jenis lauk, sayur, camilan, dan minuman juga memiliki kandungan gula. So, mari membiasakan diri untuk tidak ketergantungan terhadap makanan manis, ya.

 

Wah, ternyata pertambahan usia bukan halangan untuk tampil stunning ya, ladies. Jika kamu sudah berusia 40 tahunan, belum terlambat untuk mengikuti beberapa siasat ini. Sementara jika kamu belum berusia 40 tahunan, tentu akan lebih mudah bagimu untuk memulai pola hidup sehat. Mari jadikan penampilan menarik di masa depan sebagai bonus dari pola hidup sehatmu!