Featured Image Article 3628

Ini 5 Alasannya Mengapa Kamu Mengalami Jerawat Dewasa

Jerawat memang menjadi musuh terbesar setiap wanita karena kehadirannya dapat mengganggu penampilan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Simak ulasannya.

Leonita Photo
Leonita
Blogger
di Skin Care

Kata siapa hanya ABG saja yang bisa jerawatan? Walaupun kamu sudah melewati masa remaja, kamu juga masih rentan terhadap jerawat lho, ladies. Berikut 5 penyebab yang membuatmu mengalami jerawat dewasa.

1. Genetik

Seperti halnya penyakit, jerawat juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Bila ada beberapa saudara atau mungkin orangtua mu mengalami jerawat, hal ini bisa dikatakan kamu memiliki keturunan berjerawat. Tentunya hal yang genetik tidak dapat dihilangkan, namun kamu dapat mencegahnya. Tentunya, kamu harus mengetahui apa penyebab yang membuatmu berjerawat dan rajin-rajin merawat kulitmu.

2. Produk Kecantikan

Seperti yang kamu ketahui, banyak produk kecantikan yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Make up yang tidak mempunyai label, non-comedogenic atau produk rambut dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat pada area yang terkena produk tersebut. Ada baiknya, sebelum membeli suatu produk, dapat kamu cek bahan-bahannya terlebih dahulu. 

3. Hormon

Seperti ketika remaja,  kita akan mengalami perubahan hormon kembali ketika dewasa. Selain itu, setiap bulannya kita juga akan mengalami perubahan hormon ketika masa menstruasi. Jerawat tipe ini tentunya sering kamu alami. Jerawat ini tidak bisa diobati maupun dicegah, namun kamu dapat mengobatinya sehingga tidak bertambah parah. Salah satu cara yang dapat mencegahnya adalah dengan menggunakan pil KB. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan obat jerawat pada area yang timbul jerawat.

4. Obat

Jika kamu sedang dalam masa pengobatan yang menggunakan obat, mungkin saja hal ini dapat memicu timbulnya jerawat. Untuk mencegahnya, ketika kamu merasa jerawat menjadi timbul ketika mengonsumsi obat tersebut, segera hentikan untuk mengonsumsinya dan konsultasikan ke doktermu. 

5. Diet

Diet yang salah dapat berakibat kulit menjadi berjerawat. Ketika diet menjadikan tubuh tidak sehat, tanda-tanda awal yang terjadi adalah munculnya jerawat. Hal ini sebagai salah satu sinyal yang diberikan tubuh kalau tubuh sedang kekurangan sesuatu, ladies. Sebaiknya, terapkan diet yang seimbang dan apabila perlu, konsultasikan dengan ahli gizi.

Jerawat dewasa adalah hal yang normal. Yang perlu kamu lakukan adalah tetap merawat kulit dan perhatikan gaya hidupmu. Dengan hidup yang sehat dan pemilihan produk yang sesuai, maka jerawat pun dapat di cegah.