Featured Image Article 3629

Gunting Ujung Rambut Secara Teratur, dan Rasakan Manfaatnya

Ternyata menggunting rambut tidak hanya mencegah rambut bercabang lho, ladies. Apa saja sih manfaat menggunting rambut secara teratur? Simak ya!

Inka Photo
Inka
Contributor
di Hair

Banyak sekali orang yang mengeluh dengan keadaan rambutnya, entah itu rontok, kering, bercabang ataupun gejala kerusakan rambut lain. Namun, harus diketahui bahwa ingin memiliki rambut sehat bukan hanya dengan memakai suplemen atau shampo yang bagus saja, tetapi bisa juga dengan memotong rambut secara rutin.

Untuk memiliki rambut tetap sehat dan kuat, kamu perlu memotong rambut secara rutin setiap 6 - 8 minggu sekali. Kamu tidak perlu memotong terlalu panjang, cukup dengan memotong ujung rambut sekitar 0,6 – 1 cm, untuk menjaga kesehatan rambut. Tahukah kamu ladies, ternyata memotong ujung rambut secara teratur memiliki beberapa manfaat positif untuk rambut lho, seperti berikut ini:

Mencegah dan mengatasi rambut bercabang

Ketika melakukan penataan rambut seperti pengeritingan, pelurusan, bleaching, atau pewarnaan, akan menyebabkan lapisan terluar rambut (kutikula) rusak dan terbuka. Itulah sebabnya rambut menjadi kasar, kusam, dan kering. Jika ini dibiarkan, maka lama kelamaan rambut akan menjadi bercabang dan mudah patah. Walaupun pelembab rambut tertentu dapat membantu memperbaiki ujung rambut yang bercabang, tetap saja hal tersebut tidak benar-benar memperbaiki struktur rambut. Jadi, solusi yang paling tepat adalah memotong rambut secara secara teratur.

Merasang pertumbuhan rambut

Rambut yang tidak pernah dipotong, dapat terus tumbuh rata-rata 2 - 6 tahun tergantung dari jenis rambut. Jika sudah lebih dari 6 tahun maka rambut tersebut tidak akan tumbuh atau mati. Sehingga memotong sedikit ujung rambut dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Ada juga yang menganggap bahwa makin sering memotong ujung rambut, rambut akan cepat panjang. Sehingga beberapa orang melakukan potong rambut sebulan sekali. Rambut tumbuh kurang lebih sepanjang 0,5 inchi tiap bulannya. Tapi jika pemotongan rambut dilakukan setiap 4 minggu (1 bulan) sekali, itu berarti sama saja rambutmu tidak bertambah panjang, bukan? Jadi, disarankan untuk menggunting ujung rambut atau bagian rambut yang rusak secara teratur setiap 6-8 minggu sekali. Selain karena tidak pernah dipotong, rambut juga bisa terhenti pertumbuhannya karena beberapa faktor, seperti kehamilan, menyusui, malnutrisi atau ketidakseimbangan hormon.

Mengatasi rambut rontok

Memotong rambut disarankan bagi orang-orang yang mengalami rambut rontok, untuk mengurangi kerontokan agar tidak semakin parah. Setiap harinya orang-orang mengalami kehilangan rambutnya, entah itu adanya kerusakan atau sebab lain. Normalnya, orang akan mengalami kerontokan sebanyak 50 sampai 100 helai rambut per harinya.

Selain memotong rambut secara teratur dapat membuat lapisan rambut tetap kuat dan mencegah terjadinya rambut bercabang, untuk menjaga kesehatan rambut sangat disarankan mengonsumsi makanan yang kaya protein, seperti daging, telur, kedelai dan kacang-kacangan serta suplemen seperti vitamin E dan D.

Ladies, ingatkah kamu kapan terakhir memotong rambutmu? Yuk, mulai lakukan potong rambut secara teratur untuk rambut indahmu!