Featured Image Article 3654

3 Faktor yang Membuat Wanita Kantoran Lebih Mudah Gemuk

Berat badan semakin naik saat masuk kantor? Mungkin ini penyebabnya!

Marga Photo
Marga
Editor
di Diet

Apakah setelah beberapa bulan bekerja di kantor untuk pertama kalinya kamu merasa berat badanmu semakin naik? Banyak orang yang percaya bahwa hal ini dikarenakan orang kantoran lebih makmur daripada pada saat duduk di bangku kuliah. 

Ternyata, ada beberapa faktor yang kemungkinan besar merupakan alasan mengapa berat badanmu semakin naik saat di kantor. Simak selengkapnya di bawah ini ya, ladies!

3 Faktor yang Membuat Wanita Kantoran Lebih Mudah Gemuk

Tanpa kamu sadari, beberapa hal di dalam kantormu inilah yang menyebabkan dietmu selalu gagal.

1. Pengaruh Teman Kerja

Makan

Hari sudah mulai sore, perutmu dan teman-teman di kantor sudah mulai berbunyi. Teman-temanmu mengajakmu untuk pergi beli camilan, atau memesan fast-food delivery. Kemudian kamu menerima tawaran tersebut. Selain itu, saat rapat kamu dan rekan-rekan disuguhi donat atau kue lainnya. Kamu sulit menolak dan akhirnya melahapnya hingga habis. Selain itu, seseorang akan makan 30% lebih banyak ketika ia sedang bersama orang lain. Bisa jadi, karena obrolan terlalu seru, kamu tak lagi memerhatikan berapa jumlah makanan yang telah kamu konsumsi. 

Banyak kasus diet yang gagal karena rekan kerja terus mengajak makan fast-food atau makanan-makanan kurang sehat lainnya. Biasanya, seseorang akan makan lebih banyak jika makanan yang disajikan berada di jangkauannya. Maka dari itu, jika sedang dalam rapat, kamu bisa mengambil tempat duduk yang jauh dari makanan. Katakan tidak pada temanmu yang mengajakmu jajan camilan di lur kantor. Namun, kamu bisa mengatur rencana untuk memanjakan diri satu kali dalam seminggu.

2. Suasana Kerja

Bekerja

Ruang kantor yang dingin cenderung membuat seseorang ingin makan lebih banyak dan sering. Tidak hanya itu saja, sebuah studi membuktikan bahwa mereka yang terus-menerus berada di dalam ruangan kantor lebih cepat bertambah berat badannya daripada mereka yang sering terkena sinar matahari.

Memakai rok pensil memang membuat penampilanmu menarik, tapi apabila kantormu memperbolehkanmu untuk menggunakan pakaian bebas, kamu bisa menggunakan celana jeans yang lebih hangat. Selain itu, kamu bisa mengambil rute yang lebih jauh menuju kantor, ataupun jalan santai di sore hari.

3. Tingkat Stres

Stres

Ketika kita merasa berada di bawah tekanan, tubuh melepas hormon yang dapat meningkatkan rasa lapar. Saat stres, kamu cenderung akan menginginkan makanan-makan manis dan junk-food. Pekerjaan yang banyak juga akan membuatmu kehilangan waktu untuk diri sendiri. Tidak sedikit karyawan yang makan di meja kerjanya sambil menyelesaikan laporan, atau telat makan karena harus meeting. Hal ini juga memengaruhi angka timbanganmu lho, ladies


Solusinya, makanlah dengan gizi terbaik saat sarapan untuk memenuhi kalori yang dibutuhkan tubuh. Kamu bisa memggunakan servis catering makan siang jika ingin mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Jika kamu berada di bawah tekanan dan benar-benar ingin ngemil, kamu bisa makan dark chocolate yang terbukti bisa membuat perasaan lebih tenang.