Featured Image Article 3679

3 Langkah Mudah Untuk Memotong Rambut Sendiri

Rambut yang sudah lama tidak dipotong biasanya terlihat semakin tidak rapi dan kusut. Untuk mengembalikan bentuknya, kamu harus melakukan trimming. Dan kamu pun bisa melakukannya sendiri di rumah.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Hair

Trimming merupakan langkah yang penting agar rambutmu dapat tumbuh dengan sehat, ladies! Menghilangkan bagian ujung rambutmu akan mencegahnya pecah-pecah dan bercabang. Buat kamu yang berambut panjang, sebaiknya kamu melakukan trimming setiap 6 minggu sekali. Sedangkan untuk yang berambut pendek, 3 atau 4 minggu sekali rasanya sudah cukup. Ada sedikit perbedaan antara melakukan trimming untuk rambut panjang dan pendek. Biasanya trimming rambut pendek dilakukan lebih simpel, hanya untuk menghilangkan ujung-ujung yang kering saja. Kamu bisa melakukan trimming dengan menggunting ½ hingga 1 inch di atas ujung rambut yang pecah.

Kapan sih waktu yang tepat untuk trimming?

Apa tanda-tanda yang mengindikasikan kita harus segera melakukan trimming rambut? Ketika kamu merasa rambutmu terasa kering, kusam, dan seperti sedotan, atau jika rambutmu ikal, kamu merasakan rambutmu menjadi kaku dan susah diatur, inilah saatnya melakukan trimming.

Untuk merapikan ujung-ujung rambutmu, kamu bisa melakukan trimming sendiri di rumah. Belum tahu caranya? Yuk simak tutorial yang berikut ini. Langkah-langkah home-trimming ini cocok untuk kamu yang memiliki rambut panjang dan ber-layer. Kamu juga bisa menggunakan tutorial ini untuk menambah layer pada rambutmu.

Perlengkapan yang dibutuhkan: Karet rambut, sisir bergigi lebar, dan gunting rambut tajam.

Langkah 1. Basahi Rambut

Sebelum menggunting ujung rambutmu, kamu harus membasahi rambut terlebih dahulu agar lebih mudah. Kalau rambutmu dalam keadaan kering, kamu bisa menyemprotnya dengan air. Atau kamu juga bisa melakukannya usai keramas. Keringkan sedikit rambut menggunakan handuk, setelah itu, sisirlah dengan sisir bergigi lebar atau sikat rambut supaya tidak kusut.

Kemudian buatlah kuncir kuda tinggi di atas kepalamu, dan ikat menggunakan karet rambut. Kuncir kuda yang kamu buat haruslah sangat halus dan berada tepat di tengah. Seluruh bagian rambut harus terikat sekencang mungkin.

Langkah 2. Berdiri Di Depan Cermin

Berdirilah di depan cermin. Dengan tangan kirimu (bagi yang kidal bisa menggunakan tangan kanan), pegang erat karet pengikat rambut, dan tariklah ke atas menuju ujung rambutmu. Tarik dengan perlahan dan berhentilah ketika sudah mencapai jarak kurang lebih 3 inch dari ujung rambutmu. Pegang rambut dengan erat, dan jangan lepaskan.

Langkah 3. Mulai Trimming

Kini saatnya menggunting rambutmu. Ambil gunting rambut yang tajam, dan mulailah trimming dengan menggunting bagian ujung kuncir kudamu. Lakukan perlahan-lahan saja, dan jangan menggunting terlalu banyak dalam sekali waktu. Gunting sedikit demi sedikit saja agar hasilnya lebih rapi. Lanjutkan hingga seluruh bagian ujung rambutmu sudah kamu gunting semua. Jika sudah selesai, buka ikatan rambut dan keringkan.

Nah, ladies, sekarang rambutmu pun sudah terbebas dari pecah-pecah, dan bentuknya juga kembali indah.