Featured Image Article 3703

7 Trik Cerdas Mengendalikan Emosi Sebelum Marah Besar

Emosi yang telanjur menjadi kemarahan bisa mengacaukan banyak hal. Yuk belajar menyikapi emosi dengan bijak!

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Lifestyle

Marah-marah akan membuat kamu dikenal sebagai pribadi yang kurang bijaksana, ladies. Oleh sebab itu, kamu patut mengelola emosi dengan cara yang tepat. Bukan berarti kamu tidak boleh marah lho. Sesuatu yang keliru dan berlarut-larut sebaiknya memang mendapat tanggapan yang tegas. Namun, tanggapan ini tak mesti dilakukan dengan cara marah besar. Supaya kamu bisa mengendalikan emosi sebelum marah besar, yuk lakukan 7 trik cerdas berikut ini. Dijamin deh kamu akan merasa lebih tenang dan risiko marah besar pun dapat diminimalkan.

Tarik Napas Dalam-Dalam

Tarik napas

Ketika kamu sedang emosi, maka denyut jantung menjadi lebih cepat dan tekanan darah pun meningkat. Hasilnya, kamu menjadi sulit untuk berpikir jernih dan cenderung melampiaskan emosi melalui kemarahan. Untuk menstabilkan kinerja jantung dan tekanan darah, kamu harus menarik napas dalam-dalam. Lakukan hal ini beberapa kali hingga kamu merasa lebih tenang dan tak lagi terpicu emosi.

Minum Air Putih

Minum air putih

Minum air putih saat sedang marah rupanya juga ampuh untuk menstabilkan emosi. Efek yang akan kamu peroleh setelah minum air putih sama rileksnya dengan mengonsumsi cokelat dan bernyanyi lho, ladies. Bergegaslah meminum air putih sebelum menanggapi orang lain atau kondisi yang memancing kemarahanmu.

Memutuskan untuk Diam Terlebih Dahulu

Diamlah dulu sebelum kamu memutuskan untuk marah. Kalau kamu memilih diam sejenak, maka kamu punya waktu untuk berpikir jernih. Sehingga kamu bisa memutuskan solusi terbaik untuk menangani masalah. Aksi diam sejenak akan memberikan kesempatan agar emosimu mereda dan tidak meledak-ledak.

Berbagi Kisah dengan Orang Lain

Berbagi kisah

Mungkin kamu terlalu lelah untuk menanggung emosimu sendirian. Bila merasa tidak sanggup, mulailah berbagi cerita dengan orang lain. Kamu bisa menghubungi pasangan, sahabat, atau anggota keluarga untuk menyampaikan keluh kesahmu. Menceritakan masalah kepada orang yang dapat dipercaya akan menjadi sarana pelampiasan emosi yang sangat bijaksana, ladies.

Menanggapi dengan Cara Tersenyum

Tersenyum

Para peneliti menyatakan bahwa tersenyum adalah cara terbaik untuk mengontrol emosi dan memperbaiki suasana hati, sekalipun yang kamu lakukan adalah tersenyum palsu. Orang yang bisa menghadapi masalah dengan cara tersenyum pasti punya kemampuan yang baik dalam menganalisis dan mencari solusi masalah.

Melakukan Aktivitas Fisik

Lari

Sewaktu muak dengan seseorang atau kondisi tertentu, lampiaskan rasa marahmu melalui aktivitas fisik. Kamu bisa berjalan-jalan sebentar atau berolahraga ringan untuk mengembalikan kejernihan hati dan pikiran. Usai berolahraga, pasti emosimu mulai mereda dan kamu pun siap mencari solusi terbaik.

Menghindar Sejenak dari Penyebab Kemarahan

Penyebab kemarahan yang membuatmu kesal setengah mati sebaiknya segera dihindari. Cobalah untuk mendengarkan musik, menyelesaikan pekerjaan, memasak, atau mencari aktivitas lain untuk menyibukkan diri. Cara sederhana ini sangat efektif untuk menstabilkan mood dan emosi. Yuk lakukan hal ini dan rasakan manfaatnya untuk dirimu sendiri.


Bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan menyenangkan, ladies? Mulai sekarang kamu pasti tahu cara marah yang elegan dan terpelajar tanpa merusak citra dirimu di hadapan orang lain. Tidak ada yang lebih baik daripada orang yang memahami karakter dan emosinya sendiri.