Featured Image Article 3714

10 Tips Ketika Menstruasi agar Kram Perut Tidak Terasa Menyiksa

Tak tahan dengan nyeri kram perut yang sering kamu alami ketika menstruasi? Mungkin kamu belum tahu 10 tips berikut ini untuk mengurangi rasa sakit akibat menstruasi.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Health

Perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi menimbulkan rasa sakit yang terkadang terasa menyiksa. Selain itu, tubuh pun seringkali mudah lelah, mengantuk, dan lemas. Tak perlu khawatir, karena hal itu sangatlah wajar. Memang sebenarnya tidak semua orang mengalami rasa kram pada perut, namun jika kamu merasakannya tidak perlu khawatir, ladies! Yuk, simak selengkapnya!

10 Tips Ketika Menstruasi agar Kram Perut Tidak Terasa Menyiksa 

Jangan sampai sakit perut karena menstruasi mengganggu aktivitasmu ya, ladies! 

1. Hangat Perut

Menghangatkan perut

Menghangatkan perut tak hanya membuatmu nyaman, namun juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa sakit karena kram. Kamu bisa menggunakan pemanas elektrik, atau cukup botol yang diisi dengan air panas. Kalau tidak ada juga, kamu masih bisa memanfaatkan panas dari laptopmu.

2. Kurangi kopi

Mengurangi kopi

Kopi mengandung kafein, yang membuat tubuh menahan lebih banyak air. Akibatnya, perutmu pun akan kembung, dan kram perutmu semakin parah. Jadi, kurangi asupan kafein selama menstruasi.

3. Mengurangi Snack Asin

Mengurangi snack

Hal lain yang membuat tubuhmu menahan lebih banyak air adalah garam. Jadi, sebesar apapun keinginanmu untuk makan camilan asin, sebaiknya kamu tahan. Ganti dengan kacang-kacang, seperti almond, jeruk, pisang, dan cokelat.

4. Jogging Ringan

Jogging

Walaupun perut kram, sangat dianjurkan kamu tetap berolahraga ringan saat menstruasi. Olahraga akan membuat tubuhmu melepaskan hormon endorphin yang akan mengurangi rasa sakitmu.

5. Tambah Asupan Zat Besi Melalui Bayam dan Kale

Bayam

Menstruasi bisa menurunkan kadar zat besi di dalam tubuhmu. Atasi dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang tinggi zat besi agar kamu tidak lemas.

6. Tidur 1 jam lebih awal

Tidur

Sering mengantuk ketika menstruasi? Tak perlu khawatir karena itu adalah hal yang wajar. Untuk mengatasinya, tambahlah jam tidurmu. Kamu bisa tidur 1 jam lebih awal sehingga kamu mendapatkan 1 jam ekstra. Dengan begitu, kamu tidak akan mengantuk di saat kerja.

7. Minum Pereda Nyeri 2 Hari Sebelum Menstruasi

Kamu pasti sudah bisa merasakan nyeri pada perutmu selama beberapa hari meskipun darah menstruasi belum keluar. Hal ini karena hormon prostaglandin meningkat tajam beberapa hari sebelum menstruasi. Inilah yang menyebabkan kram perut. Jadi, minumlah pereda nyeri jika kamu sudah merasakan kram pada perutmu.

8. Makan Dark Chocolate

Dark chocolate

Dark chocolate tak hanya yummy, namun juga mengandung magnesium yang bisa mengurangi kram. Idealnya, dark chocolate mengandung 65% cacao.

9. Jahe Hangat

Jahe hangat

Jahe memiliki berbagai manfaat, seperti mengatasi mual, mengurangi inflamasi, dan rasa sakit. Kamu bisa membuat minuman jahe dengan merebusnya bersama daun serai dan gula merah. Jangan lupa untuk membakar jahe terlebih dahulu agar tidak getir.

10. Hindari Memakai Jeans Ketat

Memakai jeans

Tentu saja hal itu akan semakin menyiksamu. Gunakan celana atau rok yang lebih longgar. Saat menstruasi, kenyamanan adalah hal yang utama. Toh, kamu masih bisa tampil fashionable dengan model baju longgar tersebut.   


So ladies, menstruasi pun kini bukan halangan lagi