Featured Image Article 3848

5 Kesalahan yang Tidak Disadari Wanita Lakukan Ketika Buang Air Besar

Kalau kamu tidak mau masalah buang air besar mengganggu kesehatanmu, maka hindarilah 5 kesalahan ini, ladies.

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Health

Buang air besar adalah salah satu rutinitas yang dilakukan setiap hari. Biasanya orang yang kesulitan buang air besar pasti akan merasa tersiksa ya, ladies. Semoga kamu bukan salah satu di antaranya. Meski kamu melakukannya setiap hari, bukan berarti selama ini kamu sudah melakukannya dengan benar lho. Faktanya, justru banyak sekali kesalahan yang sering tidak disadari wanita saat buang air besar. Mau tahu apa saja kesalahan tersebut? Yuk intip dulu informasi berikut ini supaya nanti kamu tidak lagi mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama!

5 Kesalahan yang Tidak Disadari Wanita Lakukan Saat Buang Air Besar

Tanpa disadari banyak wanita yang sering melakukan kesalahan ini ketika buang air besar, jangan-jangan kamu salah satunya, ladies?

Terlalu Sering Mengejan

Duduk di toilet

Faktanya, mengejan ternyata tidak baik untuk kesehatanmu lo, ladies karena mengejan bisa membuat usus besar jadi cidera. Selain itu, mengejan juga dapat menekan sistem pencernaan bagian bawah sehingga peredaran darah di ujung saluran cerna semakin meningkat. Bila hal ini terjadi terus-menerus maka kemungkinan besar bagian anus akan menyembul keluar atau biasa disebut ambeien.

Menghabiskan Banyak Waktu di Toilet

Baca buku di toilet

Saat kamu sedang kesulitan buang air besar, bukan berarti kamu harus duduk berlama-lama di toilet. Hal yang mesti kamu lakukan selain mengonsumsi makanan tinggi serat adalah melakukan aktivitas fisik lain seperti berlari, jalan-jalan, dan ragam aktivitas lainnya. Berbagai aktivitas fisik tersebut membuat gerakan usus menjadi lebih aktif dan kamu pun akan segera terbebas dari kesulitan buang air besar.

Toilet Duduk yang Lebih Nyaman dari Toilet Jongkok

Toilet duduk

Meskipun lebih nyaman daripada toilet jongkok. Menurut studi yang ditulis dalam sebuah buku kesehatan, posisi tubuh paling tepat untuk buang air besar adalah jongkok. Posisi ini terbukti membuat gerakan usus berlangsung rata-rata 79 detik lebih cepat daripada posisi duduk. Tekanan pada perut menjadi lebih kecil sehingga kamu bisa buang air besar secara lebih lancar dan cepat.

Cebok dengan Menggunakan Tisu

Tisu

Cebok menggunakan tisu bukanlah hal yang baik. Karena tisu tidak dapat membersihkan sisa-sisa kotoran dengan tuntas. Justru bagian sekitar anus dan bokongmu bisa terluka bila kamu menggunakan tisu yang kasar. Kamu patut mengetahui bahwa cebok dengan menggunakan air adalah cara terbaik. Sebab air akan membuat kebersihan anusmu terjaga dan kamu pun akan merasa lebih nyaman. Usai cebok menggunakan air, kamu bisa menggunakan tisu basah untuk menyeka bagian sekitar anus supaya lebih bersih.

Bahkan Cara Cebok Pun Ada Aturannya

Usai buang air besar, bagaimana caramu mencuci bagian anus?

Cebok yang benar sebaiknya tidak mengenai bagian vagina ya, ladies. Karena kotoran yang tertinggal pada anus bisa mengakibatkan masalah serius pada vagina. Kamu patut mencuci anusmu secara teliti. Sebab infeksi yang disebabkan oleh cara cebok yang salah menjadi salah satu penyebab infeksi kandung kemih. Kamu pasti tidak mau kan mengidap penyakit serius hanya karena kesalahan cebok yang sepele.


Tuh, kan. Terbukti kalau buang air besar bukanlah perkara sepele yang bisa kamu abaikan, ladies. Supaya kesehatanmu tidak terganggu karena Buang Air Besar, hindari 5 kesalahan tersebut mulai hari ini, ya. Memulai pola hidup sehat ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan, bukan?