Featured Image Article 3857

Wajib Tahu! 5 Efek Samping Perawatan Rambut Smoothing yang Berlebihan

Perawatan rambut smoothing yang berlebihan ternyata memiliki efek samping pada kesehatan rambutmu lho, ladies!

Wikan Photo
Wikan
Contributor
di Hair

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut indah dan mudah diatur? Pasti semua orang terutama wanita ingin memiliki rambut yang indah dan mudah diatur. Memang banyak cara untuk mendapatkan jenis rambut seperti ini, salah satunya adalah perawatan rambut smoothing. Smoothing adalah salah satu jenis perawatan rambut yang sering dilakukan untuk membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Namun, meskipun memiliki banyak manfaat positif bagi keindahan rambut, jenis perawatan yang satu ini juga memiliki berbagai macam efek samping yang merusak kesehatan rambut cantikmu, ladies! Apa saja efek sampingnya? Yuk, simak!

5 Efek Samping Perawatan Rambut Smoothing yang Berlebihan

Jangan sampai demi mendapatkan rambut cantik dengan perawatan rambut smoothing, kamu malah mendapatkan efek samping ini, ladies!

Menimbulkan Ketombe

Ketombean

Munculnya ketombe memiliki banyak sebab. Bisa karena kepala yang terlalu lembap, bisa juga karena rambut berminyak. Seperti yang kita tahu, dalam proses smoothing, biasanya digunakan cream smoothing yang memiliki banyak kandungan kimia. Hal ini mengharuskanmu untuk membersihkan rambut sesering mungkin agar cream smoothing benar-benar bersih tak bersisa. Jika tidak, rambut akan menjadi lebih lembap dan debu pun akan banyak yang menempel. Tak hanya itu, sisa bahan kimia yang terdapat pada permukaan kulit kepala akan menyebabkan gatal pada kulit kepala.

Membuat Rambut Berminyak

Rambut berminyak

Penggunaan serum lotion pada proses smoothing yang berlebihan dapat memicu adanya produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Jika demikian, biasanya rambut akan terasa lepek dan lebih berminyak dari kondisi normalnya. Tentunya jika jenis rambutmu sudah berminyak dan kamu harus mendapatkan efek samping ini bisa membuat rambut lepek sepanjang hari.

Membuat Rambut Rontok

Rambut rontok

Masalah yang satu ini tentu saja sudah menjadi rahasia umum sebagai efek samping proses smoothing. Tak jarang setelah melakukan smoothing rambut akan mengalami kondisi rontok parah. Hal ini disebabkan oleh sisa bahan kimia yang terkandung pada cream smoothing yang meresap ke dalam rambut dan menyebabkan rambut rapuh sehingga mudah rontok.

Membuat Rambut Rusak

Membuat rambut rusak

Memang melakukan smoothing membuat rambutmu tampak lebih indah, ladies! Tapi bagian dalam rambutmu menjadi lebih rusak dari kondisi normalnya. Kerusakan yang terjadi pasca smoothing beraneka ragam. Mulai dari rambut bercabang, kering, hingga rontok parah. Hal ini disebabkan oleh aliran panas yang mengalir dari alat catok ke permukaan rambut membuat rambut tumbuh dengan tidak seimbang. Selain itu, kandungan bahan kimia berbahaya pada cream smoothing juga berpotensi merusak akar rambut.

Rambut Kering dan Kusam

Rambut yang kering dan kusam

Masalah rambut yang satu ini seringkali dialami beberapa waktu setelah proses  Penyebab dari rambut kering dan kusam ini tak lain dan tak bukan adalah panasnya alat pencatok dan digunakannya beberapa zat kimia pada proses smoothing. Rambut kering ini menandakan telah hilangnya kelembaban alami rambut dan menyebabkan rambut kusam, kering, dan cenderung lebih kasar.


Itulah beberapa efek samping proses smoothing berlebihan yang harus kamu waspadai, ladies! Jangan sampai maksud baikmu melakukan perawatan rambut malah gagal total karena smoothing yang berlebihan ya! Semoga bermanfaat.