Featured Image Article 3882

Perlu Tahu! Kamu Bisa Mengetahui 5 Masalah Kesehatan Ini dari Rambutmu

Tidak hanya mengetahui rambut kamu rontok atau ketombe saja, ladies! Rambut kamu bisa memberi tahu kalau kamu memiliki sakit yang serius lho!

Meydiana Photo
Meydiana
Contributor
di Hair

Masalah rambut memang tidak ada habisnya bagu wanita. Rambut rontok, ketombe, rambut yang frizz, serta banyak permasalahan rambut lainnya. Bagi wanita rambut dapat menunjang penampilan serta kecantikan karena dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi wanita untuk beraktivitas. Banyaknya permasalahan rambut ini memang menjadi suatu masalah bagi wanita, namun permasalahan rambut memang hanya dianggap sebagai masalah sepele saja bagi sebagian orang. Padahal sebenarnya, masalah pada rambut juga bisa menunjukkan masalah dengan kesehatanmu lho, ladies!

Masalah kesehatan yang dapat dilihat dari rambut ini bisa sangat serius jika tidak segera di atasi. Nah, apa saja gangguan kesehatan tersebut? Yuk, simak!

5 Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Ketahui dari Rambutmu

Segera ketahui masalah kesehatan ini sebelum terlambat, ladies! Tanda-tandanya memang sangat simpel lho!

Rambut Mudah Rapuh

Rambut rapuh

Rapuh pada rambutmu merupakan salah satu gejala dari Sindrom Cushing atau Cushing's Syndrome, yaitu gangguan kesehatan yang menjadi tanda bahwa kamu kelebihan hormon kortisol. Kelebihan hormon kortisol ini disebebkan oleh konsumsi obat-obatan kortikostreoid dalam jangka panjang yang biasa dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit asma, nyeri, maupun rematik. Orang yang menderita Sindrom Cushing ini kulitnya mudah memar dan sering muncul stretch mark berwarna ungu kemerahan muncul pada dada, lengan, maupun perut.

Rambut Kering dan Tipis

Rambut kering

Penipisan pada rambut serta rambut yang kering adalah salah satu gejala bahwa kamu memiliki masalah kesehatan pada kelenjar tiroid yaitu hipertiroidisme. Dilansir dari Alodokter, hipetiroidisme adalah kondisi dimana kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuh. Penyakit ini umumnya ditandai dengan detak jantung yang meningkat, penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba meski nafsu makan meningkat, berkeringat, gugup, serta cemas yang ditandai dengan kondisi rambut yang kering dan tipis.

Kebotakan 

Rambut mulai rontok

Protein merupakan salah satu zat gizi penting yang memiliki peran dalam pertumbuhan rambut sehat. Jika kamu kekurangan zat protein, pertumbuhan rambut akan mengalami gangguan sehingga rambut akan mengalami penipisan atau yang lebih bahaya yaitu kebotakan. Karena itu, perhatikanlah asupan protein harianmu supaya kamu terhindar dari kebotakan. Jika kamu bingung bagaimana cara makan makanan yang mengandung protein, berikut kamu bisa melihat tabel protein yang dilansir dari Halosehat.

Jenis Sumber Protein Nabati Kandungan per 100gr
Gandum 16,9 gr
Beras 7,13 gr
Bayam  3,6 gr
Kacang kedelai 36,49 gr
Kacang Hijau 3,04 gr
Almond 21,22 gr
Biji Bunga Matahari 20,78 gr
Kacang polong 25 gr
Kentang 2 gr
Brokoli 2,82 gr

 

Jenis Sumber Protein Hewani Kandungan per 100 gr
Ikan 20 s/d 35 gr
Dada Ayam 28 gr
Daging Domba Muda 30 gr
Daging Sapi 25 s/d 26 gr
Tuna 29 gr
Telur 12,6 gr
Keju 21 gr
Susu Sapi 3,20 gr
Susu Kambing 3,5 gr

Rambut Beruban

Rambut yang beruban

Uban merupakan salah satu hal yang menakutkan jika sudah muncul pada rambut. Rambut yang mengalami uban atau berubah warna menjadi abu-abu (gray hair) bisa mengindikasikan bahwa kamu sedang mengalami stres. Stres pada tubuh bisa menghambat pembentukan pigmen rambut sehingga warna rambut berubah menjadi abu-abu. Rambut beruban juga bisa terjadi karena adanya penurunan genetis dalam keluarga.

Kerontokan Rambut

Rambut rontok

Melihat rambutmu rontok pada sisir atau berserakan di lantai adalah suatu hal mengerikan, bukan? Kerontokan rambut yang terlalu sering bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu mengalami anemia atau suatu kondisi dimana tubuhmu mengalami kekurangan asupan zat besi. Jadi, selain jangan lupa mengonsumsi protein, jangan lupa untuk mengonsumsi zat besi. Mengonsumsi suplemen zat besi kamu bisa makan tiram, kepiting, sarden, maupun daging sapi.


Itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa kamu kenali gejalanya melalui rambutmu. Jika kamu selalu memperhatikan pola makan, olahraga serta terhindar dari stres, maka tubuhmu akan sehat, rambutmu pun akan selalu terlihat indah. Jadi, segera atasi masalah kesehatan tersebut jika rambutmu sudah mengalami tanda-tanda di atas ya, ladies!