Featured Image Article 389

Ayo Kenalan Sama Kuku !

Tak kenal maka tak sayang. Ungkapan klasik yang klise, tapi ada benarnya juga. Tak banyak dari wanita penggemar manicure-pedicure, yang tahu terbuat dari apa kuku dan apa sih tujuan hidup si kuku?

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Skin Care

Tak kenal maka tak sayang. Ungkapan klasik yang klise, tapi ada benarnya juga. Tak banyak dari wanita penggemar manicure-pedicure, yang tahu terbuat dari apa sih, kuku itu. Apa sih tujuan hidup si kuku?

Seperti yang telah diketahui kalian semua, kuku ada untuk melindungi ujung jari kita yang lembek dan sensitif. Ujung jari kita adalah kumpulan banyak saraf. Dengan kata lain, ujung jari adalah penerima saraf peraba terbanyak dibanding bagian tubuh lain. Titik-titik pijat juga seringkali ada di ujung jari baik tangan maupun kaki karena sarafnya rata-rata terhubung dengan organ-organ tubuh lainnya. Untuk melindungi inilah, kuku kita ada.

Kuku kita terbuat dari Keratin, atau yang sering kita kenal dengan nama zat tanduk, yaitu zat protein yang sama yang membentuk rambut kita. Zat keratin pada akar kuku mengeras kemudian mendorong sel kuku keluar, sehingga memperlihatkan efek ‘tumbuh’. Padahal sebenarnya, kuku adalah komponen ‘mati’ di tubuh manusia yang memanjang akibt penumpukan pengerasan keratin dari akarnya terus menerus.

Jadi pada dasarnya, kuku kamu tidak perlu diberi ‘makanan kuku’ seperti cat kuku yang ‘katanya’ mengandung vitamin dan semacamnya. Rajin memulas kuku dengan base coat yang mengandung zat penguat (pengeras agar kuku kokoh, dalam hal ini) saja sudah cukup baik untuk melindungi kuku dari kerusakan akibat sering diwarnai.

Nah, sekarang kamu jadi lebih mengerti kukumu kan ladies?