Featured Image Article 3893

Manfaat Alpukat dan Cara Membuat Masker Alpukat untuk Rambut Indahmu

Selain dijadikan jus, alpukat juga bisa dijadikan masker kecantikan untuk rambutmu, ladies. Yuk, intip caranya di sini!

Marga Photo
Marga
Editor
di Hair

Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Salah satu manfaat alpukat untuk kecantikan adalah mencegah kerontokkan dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Alpukat pertama kali dimanfaatkan untuk kecantikan rambut pada zaman Mesir Kuno. Setelah itu, manfaat alpukat semakin banyak diketahui orang dan berkembang di negara-negara tropis seperti Indonesia.

Manfaat Masker Alami Alpukat

Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengaplikasikan masker alpukat pada kulit kepala dan rambut? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering

Alpukat dipercaya dapat mengatasi masalah rambut kering. Dengan memanfaatkannya sebagai kondisioner, kamu dapat membuat rambut terasa lebih lembut, ladies! Kandungan lemak yang tinggi pada buah alpukat membuat rambut menjadi tidak cepat kering dan rentan terhadap kerusakan.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok

Rambut rontok dapat disebabkan oleh faktor internal seperi kekurangan vitamin dan faktor eksternal seperti polusi, paparan sinar matahari, serta kandungan bahan kimia pada produk perawatan. Buah alpukat memiliki kandungan E dan protein tinggi yang bermanfaat untuk melindungi serta memperkuat rambut.

3. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Rambut indah

Kandungan vitamin B pada buah alpukat juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Normalnya, rambut yang sheat akan tumbuh sebanyak setengah inci setia bulannya. Dengan bantuan masker alpukat, proses pertumbuhan tersebut dapat dipercepat.

4. Membersihkan Rambut Secara Menyeluruh

Keramas

Salah satu faktor penyebab rusaknya rambut adalah mudahnya kotoran menempel pada rambut. Kandungan vitamin C dan flavonoid pada buah alpukat dapat membantu membersihkan rambut dari kotoran-kotoran akibat polusi dan cuaca yang buruk secara menyeluruh.

5. Mengatasi Rambut Mudah Musut

Rambut kusut

Kondisi rambut yang mudah kusut meskipun sudah disisir rapi seringkali membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Dengan menggunakan masker alpukat secara rutin, masalah rambut kusut tersebut dapat teratasi, ladies! Kandungan vitamin E pada buah alpukat membuat rambut lebih mudah diatur, lembut, dan bersinar.

Cara Membuat Masker Rambut Alpukat

Ingin mendapatkan 5 manfaat luar biasa dari masker alpukat tersebut, ladies? Ini saatnya kamu buat sendiri masker rambut alpukatmu. Tak perlu repot-repot, kamu bisa membuat masker ini di rumah.

Caranya mudah, kamu hanya perlu menyiapkan satu buah alpukat. Tumbuklah alpukat tersebut hingga halus, kemudian tambahkan air secukupnya dan aduk rata. Aplikasikan pada rambut yang telah dicuci bersih dengan sampo sambil memijatnya lembut. Diamkan selama lima sampai sepuluh menit, kemudian bilas bersih dengan air hangat.


Sudah siap mendapatkan rambut indah bebas masalah? Yuk, racik sendiri masker alpukatmu, ladies! Gunakan masker alpukat ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal. Selamat mencoba!