Featured Image Article 3937

Cara Membuat Masker Kunyit untuk Kulit Bersih dan Bercahaya

Di Indonesia, kunyit merupakan bahan alami yang umum digunakan untuk kecantikan, baik dari dalam maupun luar. Mau tahu cara praktis memanfaatkan kunyit untuk kulit cantikmu? Yuk simak!

Santi Photo
Santi
Contributor
di Skin Care

Tinggal di kota besar dan memiliki aktivitas yang padat seringkali membuat wajah menjadi tampak kusam. Wajah menjadi kusam karena stres dan polusi ketika di jalan sehingga membuat kita menjadi kurang percaya diri. Untuk membuat wajah kembali bersih dan berkilau memang bisa didapatkan dengan perawatan dan produk-produk perawatan wajah. Namun, untuk mendapatkannya pun kamu memerlukan biaya yang besar. Tidak hanya itu, efek sampingnya juga bisa berbahaya terhadap kulit wajah. Nah, untuk menyiasatinya ada cara alami yang sudah terbukti dapat membuat kulit wajah menjadi bersih dan bercahaya yaitu dengan menggunakan kunyit.

Kunyit memang secara klinis telah dibuktikan mampu menghalangi protein yang menyebabkan inflamasi, radikal bebas, dan radiasi ultraviolet. Selain itu, kunyit juga terbukti juga bisa membantu meningkatka elastisitas kulit, serta mencegah keriput dan noda gelap akibat sinar matahari. Jadi, tak salah lagi kalau kamu menggunakan bahan alami ini untuk merawat kulitmu, seperti 5 masker kunyit yang berikut ini. Yuk, simak!

1. Masker Kunyit Dasar

Campuran susu

Masker kunyit homemade yang satu ini sangat mudah untuk dibuat dan sangat bagus bagi kulit meski kandungan bahannya minimalis. Khasiat kunyit didukung dengan madu dan susu yang mencerahkan dan menghilangkan noda.

Bahan-bahan: 2 sdm tepung terigu (Atau oat halus untuk kulit kering), 1 sdt kunyit, 3 sdm susu, dan beberapa tetes madu.

Langkah-langkah: Campurkan tepung, kunyit, madu, dan susu hingga berbentuk pasta. Pakaikan pada wajah dan biarkan kering sampai 20 menit. Bilas di shower sambil gosok dengan lembut. Pakai pelembab setelahnya.

2. Masker Kunyit + Belimbing Untuk Jerawat

Kunyit

Belimbing kaya akan vitamin A, yang membantu mengontrol minyak, serta vitamin C, yang berperan sebagai pelindung alami dari kerusakan akibat sinar matahari. Karena paparan sinar matahari dan minyak adalah penyebab utama jerawat, memakai masker ini pada bagian yang bermasalah akan membantu menyingkirkan jerawatmu.

Bahan-bahan: 1 buah belimbing, 2 sdm air lemon segar, dan 1 sdt kunyit.

Langkah-langkah: Haluskan belimbing bersama air lemon dengan food processor atau blender. Tambahkan kunyit dan aduk hingga rata. Berbaringlah sehingga kulitmu yang berjerawat dalam posisi flat dan masker tidak jatuh ke area lainnya. Aplikasikan masker pada jerawat, dan biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

3. Masker Kunyit untuk Tampil Lebih Muda dalam Sekejap

Lemon

Awal tanda-tanda penuaan kulit sebenarnya bukan keriput, melainkan tidak ratanya warna kulit. Masker ini akan membantu mencerahkan warna gelap akibat sinar matahari. Kandungan citric acid pada lemon juga mampu mengurangi noda-noda gelap, sedangkan madu akan melembabkan kulit dan mengurangi kemerahan.

Bahan-bahan: 3 sdm oat yang sudah dihaluskan, 1 sdm madu, ½ sdt kunyit, dan 1 buah lemon diperas.

Langkah-langkah: Campurkan semua bahan di dalam mangkuk kecil sampai rata. Gunakan masker pada wajah yang sudah dibersihkan, dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan cara menepuk-nepuknya lembut menggunakan handuk.

4. Masker Kunyit untuk Melembabkan Kulit

Coconut oil

Minyak kelapa mengandung asam lemak sehat yang sangat bagus untuk melembabkan kulit kering. Oleskan masker kunyit dan minyak kelapa ini pada wajah ketika kulitmu butuh lebih banyak kelembaban, termasuk ketika kamu melihat tanda-tanda penuaan yang menyebabkan kulit kering atau krim jerawat yang membuat kulit kering.

Bahan-bahan: ¼ sdt kunyit bubuk, 2 sdm tepung terigu atau tepung maizena, beberapa tetes madu, dan 2 sdm minyak kelapa.

Langkah-langkah: Campurkan tepung dan kunyit hingga rata, kemudian tambahkan madu perlahan-lahan. Tambahkan lagi minyak kelapa dan aduk hingga berbentuk pasta. Gunakan masker pada wajah dan leher selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat.

5. Masker Kunyit untuk Mengurangi Kerutan

Masker kunyit

Tomat mengandung lycopene, yaitu kandungan yang melawan radikal bebas yang juga memberi warna merah pada buah ini. Dengan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, proses penuaan pada kulit pun akan diperlambat, termasuk keriput.

Bahan-bahan: ½ sdt kunyit, 1 sdm beras yang sudah dihaluskan, 1 sdm susu segar, dan 1 sdm air tomat.

Langkah-langkah: Campurkan kunyit bubuk dan beras dengan susu segar dan air tomat hingga berbentuk pasta. Gunakan pasta ini pada wajah dan leher, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.


Tunggu apalagi? Selain kamu dapat menemukan kunyit di dapur rumahmu, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari kunyit. Segera dapatkan manfaat kunyit untuk kecantikan kulitmu.