Featured Image Article 3950

Tips Merawat Rambut Lembut dan Berkilau Menggunakan Masker Yogurt

Selain lezat, yogurt memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat yang masih jarang terdengar adalah khasiatnya bagi rambut. Masker yogurt ternyata bisa membuat rambut lebih lembut dan bercahaya.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Hair

Memiliki rambut yang indah tidak hanya bisa dilakukan di salon lho, ladies! Kamu juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan rambut yang lembut dan berkilau. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan yogurt.

Yogurt merupakan makanan yang kaya akan multivitamin. Melalui kandungan asam laktat yang sangat tinggi, yogurt dapat digunakan sebagai masker rambut yang sangat efektif. Masker yogurt cocok sekali untuk kamu yang memiliki rambut kering, susah diatur, rontok, atau berketombe. Yuk, simak bagaimana cara memanfaatkannya!

Manfaat Masker Yogurt Bagi Keindahan Rambut

Yogurt bermanfaat sekali untuk merawat rambut yang kusam dan rusak. Yogurt memiliki kandungan anti jamur yang dapat melawan ketombe. Bahan ini juga mengandung pelembab, yang sangat bagus digunakan sebagai kondisioner alami untuk melembutkan rambut dan menjadikan rambut lebih mudah ditata. Di samping itu, yogurt juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan dan menyehatkan pertumbuhan rambut. Yogurt akan membuat rambut tumbuh lebih kuat dan subur. Kandungan asam laktat di dalam yogurtlah yang membersihkan kulit kepala dan mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaannya, sehingga kantung rambut pun lebih sehat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari yogurt untuk rambutmu:

  • Menjadikan rambut lebih halus
  • Rambut lebih bercahaya
  • Melembabkan rambut
  • Mencegah rambut kusut
  • Memperbaiki pertumbuhan rambut karena kandungan zinc dan asam laktatnya

Cara Membuat Masker Yogurt Untuk Rambut

Inilah 2 cara mudah untuk membuat masker yogurt bagi rambutmu:

Masker Yogurt Basic

Yogurt

Yogurt bisa kamu gunakan langsung sebagai masker untuk merawat rambut keringmu. Gunakan yogurt plain. Untuk mengaplikasikannya, pertama-tama bersihkan rambutmu terlebih dahulu. Kemudian ambil yogurt secukupnya, dan pijatkan pada rambut bagian per bagian. Kamu bisa memijatnya selama 20 menit hingga 1 jam. Setelah itu, bilas rambut menggunakan air hangat. Rambutmu pun akan terasa jauh lebih lembut, lembab, dan mudah diatur. Kalau ada yogurt yang tersisa, kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Seperti halnya rambut, kulit wajahmu pun akan semakin lembab dan halus.

Masker Yogurt, Madu, & Minyak Kelapa

Madu

Dipadukan dengan madu dan minyak kelapa, khasiat masker yogurt akan semakin ampuh. Madu bekerja sebagai emolien, yang artinya adalah pelembut dan kondisioner alami rambut yang sangat bagus. Madu juga berperan sebagai humektan, yang menarik dan mempertahankan kelembaban rambut. Anti bakteri dan antiseptiknya dapat mencegah infeksi dan bakteri mengkontaminasi kulit kepalamu. Sementara itu, minyak kelapa memiliki khasiat anti virus, anti jamur, dan anti bakteri. Bahan ini akan membuat rambutmu lebih halus dan bersinar, tanpa membuatnya terlihat berminyak.

Untuk membuatnya, campurkan 2 sdm yogurt plain, 1 sdm madu, dan ¼ - ½ sdt minyak kelapa. Kalau minyak kelapanya keras, kamu bisa mencairkannya dahulu dengan memanaskannya. Tunggu sampai dingin, dan aduk rata semua bahan. Ambil masker yogurt ini secukupnya, dan pijatkan pada rambut, dari kulit kepala hingga ujung  rambut. Setelah itu, diamkan selama 15 menit. Bilas rambut dengan shampo seperti biasanya.


Lakukan perawatan ini dengan rutin paling tidak seminggu sekali, dan dapatkan rambut yang lebih lembut, bercahaya, dan tebal. Kamu pun akan mendapatkan rambut indah seperti dari salon, ladies!