Featured Image Article 396

Seperti Apa Sih Budaya Kerja Orang Jepang?

Di Jepang, ada banyak budaya sopan santun yang patut kita tiru karena memiliki tujuan yang baik dan sangat menghargai orang lain.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Japan

Salah satunya adalah budaya senioritas. Dengan budaya senioritas ini, anak yang baru masuk dituntut untuk menghormati orang yang telah lama berada di perusahaan tersebut. Karena orang Jepang sangat menghargai budi baik, ini juga terlihat dalam kebiasaan mereka menghargai para karyawan yang telah lama bekerja dengan mereka.

Selain itu, juga ada budaya salam. Budaya salam ini ditunjukan dengan adanya salam-salam yang mereka ucapkan ketika selesai bekerja dan bekerja sama. Seperti bos yang mengucapkan “Gokurosama deshita” kepada bawahannya untuk menghargai kerja keras mereka. Dan para bawahan yang mengucapkan “Otsukaresama deshita” kepada rekan kerja dan atasan setelah selesai bekerja. Pagi hari sebelum bekerja pun, mereka selalu menyempatkan diri untuk memberi salam kepada rekan kerja yang berpapasan mereka. Ketika mau pulang lebih dahulu dari teman-teman sekantor, orang Jepang biasanya menyempatkan diri berpamitan dengan mengucapkan “Osaki ni shitsurei shimasu!” yang artinya “Maaf, saya pulang duluan, ya!”

Di Indonesia juga sebenarnya salam seperti itu sudah lumrah, tapi belum menjadi sebuah kebiasaan dalam masyarakatnya. Banyak juga yang masih enggan saling memberi salam.

Jadi, yuk, mulai sekarang budayakan kebiasaan sopan santun di lingkungan kerja seperti di Jepang.

Cek pengetahuan lainnya tentang Jepang disini: