Featured Image Article 3973

5 Kebiasaan Buruk yang Ternyata Berbahaya Ketika Dilakukan Berulang Kali Tanpa Kamu Sadari

Jangan-jangan tanpa kamu sadari kamu sering melakukan hal ini, ladies!

Hikma Photo
Hikma
Contributor
di Makeup

Banyak sekali kebiasaan yang kita lakukan berulang kali ternyata tanpa kita sadari justru sangat berbahaya. Diantara kebiasaan itu banyak hal yang rupanya malah tidak bagus untuk kesehatan kamu lho, ladies! Tidak hanya itu, bisa jadi kebiasaan-kebiasaan burul itu rupanya malah sering kamu lakukan tanpa kamu sadari. Kebiasaan buruk apa sajakah rupanya berbahaya untuk dirimu? Yuk, simak!

5 Kebiasaan Buruk yang Ternyata Berbahaya Ketika Dilakukan Berulang Kali Tanpa Kamu Sadari

Jangan lakukan kebiasaan buruk ini lagi ya, ladies! Tidak hanya membuat buruk penampilan, tapi juga berbahaya untuk kesehatan kamu!

1. Menggigit Kuku

Menggigit kuku

Jika kebiasaan ini sudah terjadi sejak kamu kecil, akan sangat sulit untuk menghilangkannya. Orang yag suka menggigit kuku biasanya sedang didera stress atau kecemasan. Sebelum jari-jarimu rusak, gunakan sarung tangan untuk mencegah kebiasaanmu terulang lagi. Atau cara yang lebih mudah dengan memulas kuteks agar kamu ragu ketika ingin menggigiti kukumu karena tkut merusak warna kuteksmu.

2. Mencabuti Uban

Mencabut uban

Saat menyisir rambut, kamu mungkin menyadari ada rambut yang berwarna putih pada salah satu helai rambutmu. Kamu pun akam mencabutnya tanpa ragu karena khawatir akan mengganggu penampilanmu. Beruntung jika kamu hanya punya satu atau dua helai rambut yang beruban, tap bagaimana jika banyak? Kebiasaan ini akan membuatmu mencabuti uban lainnya sehingga ketika rambut baru akan tumbuh, rambutmu akan terlihat berdiri. Bahkan yang lebih parah, rambutmu mungkin tidak akan tumbuh lagi. Untuk itu, sebaiknya warnai saja rambutmu untuk menutupi ubannya.

3. Menjilati Bibir

Menjilat bibir

Ketika bibirmu terasa kering, membasahinya dengan air liur mungkin bisa menjadi tindakan reflex. Tetapi, justru menjilati bibir terlalu sering akan membuat bibir kering lebih buruk lagi. Sediakan selalu lip balm didalam tasmu untuk mencegah kekeringan dan melebapkan bibir dengan baik. Kamu juga bisa menyibukkan lidahmu dengan menguyah permen karet. Dengan begitu, lidahmu akan tetap fokus pada permen karet dan tidak lagi menjilati bibirmu.

4. Memencet Jerawat

Memencet jerawat

Memenceti jerawat mungkin akan membuatmu puas karena berhasil mengeluarkannya. Tetapi  tindakan cepat ini  akan memberi efek jangka panjang berupa noda hitam. Cobalah dengan mengompre jerawatmu dengan air dimgim atau es untuk menghilangkan kemerahan serta mengempeskan jerawat. Jangan biasakan tanganmu menyentuh area wajahmu karena tanganmu merupakan sarang bakteri yang justru bisa memperparah jerawatmu.

5. Tidak Membersihkan Wajah

Sudah berkali-kali ditegaskan bahwa jangan pernah tidur tanpa membersihkan makeup terlebih dahulu. Meskipun kamu lelah dan sangat mengantuk, kegiatan satu ini haram hukumnya jika kamu lewatkan. Selama seharian kamu menggunakan makeup, pori-porimu pun tertutup oleh makeup. Dengan membersihkannya, kamu memberi kesempatan pada pori-pori wajahmu untuk bernapas bebas. Jika kamu malas pergi ke kamar mandi untuk membersihkan wajah, gunakan micellar water yang praktis yang bisa kamu gunakan hanya dengan sekali membersihkan.


Bagaimana? Adakah dari sekian banyak kebiasaan buruk tersebut yang rupanya sering kamu lakukan, ladies?