Featured Image Article 4060

5 Penyebab Susah Tidur Tanpa Disadari yang Seringkali Dialami oleh Wanita

Kamu sering susah tidur? Mungkin ini penyebabnya.

Marga Photo
Marga
Editor
di Lifestyle

Kalau kamu adalah seseorang yang selalu bisa tidur nyenyak setiap malam, maka selamat! Kamu adalah orang yang benar-benar beruntung. Banyak orang terutama wanita yang seringkali merasa kamu susah tidur. Bisa jadi ini adalah alasan kamu seringkali merasa lelah meskipun kamu sudah beristirahat sepanjang hari di weekend. 

Coba cek dulu, bisa jadi kamu seringkali merasakan hal ini ketika malam hari sehingga menjadi penyebab kamu tidur menjadi sulit tidur di malam hari.

5 Faktor yang Membuat Wanita Susah Tidur di Malam Hari

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mengganggu kualitas tidur seorang wanita di malam hari:

1. Mendengkur

Mendengkur

Faktor yang membuat seseorang susah tidur adalah mendengkur. Mendengkur bukan pertanda seseorang tidur pulas atau terlalu lelah. Sebenarnya mendengkur disebabkan oleh sulitnya bernapas. Seringkali, mendengkur akan membuat napas terhenti secara tiba-tiba. Saat itu terjadi, kita akan langsung terbangun.

Perlu diperhatikan juga bahwa mendengkur bisa jadi salah satu tanda gejala stroke, penyakit jantung atau tekananan darah tinggi.

2. Perubahan Hormon

Hormon

Hampir setiap wanita jadi sulit tidur saat mengalami menstruasi, menopause, atau sedang berada dalam konsisi hamil. Perubahan hormon yang terjadi ini merupakan salah satu penyebab kualitas tidur terganggu. Jadi, jika kamu sedang merasa sulit tidur coba cek dulu siklus menstruasi kamu, karena bisa jadi hal ini yang menjadi penyebab kamu sulit tidur.

3. Sakit dan Nyeri

Sakit dan nyeri

Sebuah studi di Amerika Serikat menyatakan bahwa dua pertiga dari masyarakat yang menderita penyakit kronis juga mengalami susah tidur. Sakit kronis yang disebutkan antara lain seperti sakit punggung, sakit kepala, sakit otot dan nyeri sendi. Rasa sakit dan nyeri yang luar biasa akan membuat seseorang sulit tidur.

4. Jam Tidur yang Bergeser

Begadang

Bagi yang mendapatkan pekerjaan dengan shift malam, tentu jadwal tidurnya akan jadi bertentangan dari orang kebanyakan. Shift malam ini akan mengakibatkan gangguan ritme tidur. Bekerja pada malam hari juga dapat menurunkan kadar serotonin, yaitu hormon pengantar tidur dan mengganggu neurotransmitter.

5. Penyakit

Lagi sakit

Kondisi medis seringkali menjadi penyebab menurunnya kualitas tidur seseorang. Penyakit paru-paru atau asma yang seringkali membuat seseorang jadi sesak napas biasanya jadi penyebab susah tidur. Gangguan tidur juga seringkali menjadi gejala-gejala penyakit kronis lainnya seperti kanker, gagal jantung, dan penyakit neurologi.


Nah, itu dia alasan kamu sulit tidur yang tidak kamu sadari. Jadi, ketahui masalahmu dan atasi masalah sulit tidurmu ya, ladies!