Featured Image Article 4067

Wajib Tahu! 12 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Digunakan Secara Berlebihan

Ternyata produk kecantikan ini justru tidak bagus jika kamu menggunakannya terlalu banyak lho, ladies!

Hikma Photo
Hikma
Contributor
di Skin Care

Merawat wajah memang sudah menjadi kebiasaan wajib yang harus dilakukan oleh wanita. Salah satu jenis perawatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan produk kecantikan untuk perawatan kulit. Tak jarang untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita seringkali mengoleskan produk kecantikan tersebut lebih dari porsi awalnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan produk dapat bekerja lebih baik, mengeluarkan produk pembersih lebih banyak agar wajah lebih cepat bersih, atau kamu mengoleskan lotion jerawat sangat tebal agar jerawat cepat mengering.

Tapi ternyata, melakukan hal seperti itu bukanlah ide yang bagus. Menggunakan produk kecantikan dalam jumlah yang benar tidak hanya akan menghemat produk tapi juga mencegah efek buruknya jika kamu menggunakan secara berlebihan. Simak produk kecantikan mana saja yang berbahaya bagi kulitmu.

12 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Digunakan Secara Berlebihan

Ketahui produk kecantikan mana yang berbahaya untuk kecantikan kulitmu, ladies! Jangan-jangan tanpa sadar kamu sering menggunakannya secara berlebihan.

1. Pelembap

Moisturizer

Saat menggunakan pelembap, beberapa dari kita mungkin mencoba menggunakannya terlalu banyak untuk menghindari munculnya garis halus dan kerutan di kulit. Akibat buruk yang dapat terjadi adalah tersumbatnya pori-pori, kulit tebal, dan tekstur kulit kasar karena sel kulit mati yang menumpuk. Jika kulitmu berminyak, resiko timbulnya komedo dan jerawat juga akan semakin besar. Selain menggunakan pelembap secukupnya, pastikan juga kamu sudah memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

2. Pembersih Wajah

Face cleanser

Untuk produk-produk pembersih umumnya kamu hanya membutuhkan jumlah yang sedikit untuk membersihkan seluruh bagian wajah. Membersihkan dengan produk yang berlebih akan membuat kulitmu mengering dan mengalami iritasi. Jika kamu ingin kulit menjadi lebih halus atau lebih cerah, exfoliation atau scrubbing juga tidak bisa dilakukan terlalu sering. Pilihlah produk-produk yang memberikan efek menenangkan atau menyejukkan bagi kulit kamu.

3. Produk Untuk Rambut

Produk rambut

Saat mencuci rambut, menggunakan shampoo dalam jumlah yang banyak akan terkesan lebih praktis dan lebih bersih terutama jika kamu merasa rambut sudah lepek. Kamu hanya perlu fokus membersihkan bagian pangkal rambut dan cukup gunakan lebih sedikit produk pada sisanya. Selain pada rambut, kulit kepala kamu juga bisa menjadi kering, iritasi, dan muncul ketombe.

4. Pewangi

Parfum

Menggunakan produk pewangi terlalu banyak tidak akan pernah menjadi ide yang bagus. Walalaupun kamu sangat menyukai aromanya, bagi orang lain yang sering berada di sekitar kamu, hal ini cukup mengganggu. Jika kondisi ini berlanjut atau semakin parah, bisa-bisa kamu menjadi bahan candaan atau dibicarakan di belakang. Akan lebih baik jika kamu memilih aroma yang lembut dan menggunakan produk pewangi secukupnya sehingga orang lain tidak dapat menyadari aromanya kecuali saat orang tersebut berada dekat dengan kamu.

5. Primers

Primer

Kebanyakan primer berbahan dasar silikon sehingga membantu pori-pori menjadi lembut, namun dapat keringan dan minyak terjebak dalam pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Sebaiknya gunakan primer pada event tertentu atau ketika wajahmu membutuhkan pertolongan pertama untuk mengurangi noda pada wajah. Jangan lupa untuk memakai pembersih wajah yang bagus untuk bisa membantu menghapus primer berbahan dasar silikon ini dengan sempurna.

6. Produk Berbahan Dasar Retinol

Krim wajah

Produk berbahan dasar retinol biasanya ada pada obat jerawat ataupun night cream. Retinol memang bagus untuk mengatasi jerawat dan biasanya direkomendasikan oleh dokter-dokter kulit. Efeknya memang membuat kulit menjadi sedikit kering dan kemerahan ketika kamu menggunakan retinol. Maka dari itu, jika kamu baru menggunakan retinol sebaiknya gunakan 0,5 retinol dan aplikasikan sekali atau dua kali dalam seminggu.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Krim Malam yang Bagus untuk Kulit Wajahmu

7. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly

Penggunaan petroleum jelly memang dapat mendinginkan kulit yang iritasi, namun tidak semua dapat diserap pada kulit. Pemakaia terlalu banyak dapat membuat kelembapan kulit menjadi tertahan, sehingga pada akhirnya membuat kulit menjadi semakin kering. Bergantung pada petroleum jelly malahan dapat membuat kulit menjadi lebih iritasi, sebaiknya jika kamu ingin membuat kulit menjadi lembap setiap hari gunakan coconut oil.

8. Salep Bibir (medicated lip balm)

Lip balm

Penggunaan medicated lip balm memang bagus jika bibirmu kering dan pecah-pecah sehingga membutuhkan pertolongan dengan cepat. Namun, berhati-hatilah jika kamu menggunakannya terlalu sering, karena hal ini malah membuat bibir menjadi ketergantungan dengan lip balm dan menjadi ketergantungan dengan produk ini untuk membuatnya tetap lembap. Jika bibirmu pecah-pecah sebaiknya gunakan lip balm biasa non-medicated lip balm.

9. Conditioner

Conditioner

Kebanyakan orang mengaplikasikan conditioner ke dari akar ke ujung rambut dalam keadaan terburu-buru kemudian langsung dibilas. Conditioner dapat membuat rambut menjadi berat, beminyak, dan kusam. Jika tidak dibilas dengan baik, formulanya akan tertinggal di rambut. Sebaiknya gunakan ikat rambut jenis scrunchie pada rambut kemudian buat kuncir kuda, kemudian aplikasikan conditioner dari tengah sampai ke ujung rambut sehingga mencegahnya untuk ke akar untuk mencegah rambut menjadi berminyak dan berkilau sehingga mudah diatur. Kemudian bilas dengan air untuk 

10. Bulu Mata Palsu

Fake eyelash

Bulu mata palsu memang dapat membuat bulu mata menjadi tampak tebal dan panjang. Namun, memakainya setiap hari dapat membuat bulu mata menjadi tercabut karena bulu mata palsu harus ditempelkan pada bulu mata asli. Selain itu, jika lemnya tidak bagus bisa menimbulkan iritasi pada mata. Sebaiknya gunakan bulu mata palsu pada event-event tertentu saja bukannya setiap hari.

11. Dry Shampoo

Dry shampoo

Menggunakan dry shampoo memang bagus untuk mencegah rambut lepek jika kamu tidak punya waktu untuk keramas. Namun, penggunaan dry shampoo yang berlebihan dapat membuat kulit kembali menjadi sulit untuk dibersihkan ketika menggunakan sampo biasa. Semakin banyak dry shampoo yang digunakan, semakin sedikit oksigen yang didapatkan pada kulit kepala dan hal ini dapat membuat kulit kepala menjadi tidak sehat, hal ini membuat folikel rambut pada kulit kepala perlahan berkurang. Nantinya folikel rambut dapat membuat rambut menjadi tidak tumbuh. Sebaiknya aplikasikan dry shampoo ketika dibutuhkan, idealnya satu kali dalam seminggu.

12. Scrub

Scrubbing

Scrubbing wajah ataupun tubuh memang dapat mengangkat kulit mati dan membuat halus kulit. Namun, jika kamu terlalu sering melakukan scrubbing pada wajah, butiran scrub-nya yang kasar dapat berbahaya karena mengangkat bagian kolagen yang sehat dan mengekspos bagian kulit dalam sehingga menjadi sensitif terhadap bakteri yang menyebabkan jerawat, sinar matahari, atau bahkan menjadi mudah lecet. Sebaiknya lakukan scrubbing maksimal satu kali dalam seminggu.


Nah, itu dia produk kecantikan yang dapat berbahaya jika kamu gunakan secara berlebihan. Sebaiknya jika kamu menginginkan hasil yang cepat sebaiknya gunakan secara rutin, bukannya berlebihan ya, ladies!