Featured Image Article 4194

5 Perawatan Rambut Rontok Ini Perlu Kamu Ketahui

Yuk, lakukan kebiasaan baik ini untuk atasi rambut rontokmu, ladies!

Wikan Photo
Wikan
Contributor
di Hair

Semua orang menginginkan rambut yang sehat agar dapat indah dan berkilau. Sayangnya perlakuan yang salah kita terhadap rambut dapat membuat rambut menjadi rontok maupun patah. Tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan karena jika dibiarkan dapat membuat kebotakan pada bagian tertentu dan akan membuat kamu menjadi semakin tidak percaya diri.

Perawatan yang intensif memang sangat berpengaruh dalam mengatasi rambut rontok. Tapi, selain perawatan-perawatan menggunakan masker rambut dan produk perawatan rambut lainnya, ternyata rambut rontok juga bisa diatasi dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik untuk rambutmu. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut kamu yang rontok.

5 Perawatan Rambut Rontok Ini Perlu Kamu Ketahui

Rambut rontok ternyata bisa diatasi dengan kebiasaan-kebiasaan ini lho, ladies!

1. Menjaga Kebersihan Rambut

Keramas

Dalam hal menjaga kebersihan rambut, kamu bisa melakukan keramas secara rutin setiap 2 hari sekali. Keramas ini sangat membantu dalam mengendalikan jumlah kotoran pada rambutmu. Dengan keramas secara rutin, kotoran, ketombe, dan debu yang menempel pada kulit kepala pun akan terangkat. Tak hanya itu, rutin keramas juga bisa mengontrol produksi minyak di kulit kepala yang bisa mengakibatkan masalah rambut lainnya.

Hal yang perlu diingat adalah meskipun kebiasaan keramas ini baik, jika dilakukan secara berlebihan (keramas setiap hari) hal ini justru akan merusak dan menggerus nutrisi rambutmu. Jadi, kamu cukup biasakan berkeramas setiap 2 hari sekali saja untuk mengurangi kerontokan rambut, jangan berlebihan, ya!

2. Gunakan Hair Tonic

Hair tonic

Salah satu cara mengatasi rambut rontok yang paling efektif yaitu dengan cara mencukupi nutrisi yang dibutuhkan rambut. Nutrisi untuk rambut bisa kamu dapatkan pada hair tonic yang biasanya sudah mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan rambut. Tak hanya itu, hair tonic juga bisa mempercepat proses regenerasi rambut hingga membuat rambut tampak lebih bervolume.

3. Hindari Mengikat Rambut

Rambut digerai

Kebiasaan mengikat rambut terlalu sering tidak hanya berpengaruh pada bentuk rambut yang menjadi kurang rapih. Tapi, hal ini juga mempengaruhi penyaluran oksigen ke seluruh rambut dari akar hingga ke ujung. Jika rambut diikat pada suatu bagian, maka akan terjadi penghambatan laju oksigen pada bagian tersebut. Hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan rambut karena kekurangan oksigen dapat membuat rambut rapuh dan mudah rontok.

Jadi, mulai sekarang hindari kebiasaan mengikat rambut, ya. Jika kamu terpaksa harus mengikatnya, usahakan untuk mengikatnya dengan longgar, berilah kesempatan bagi rambut untuk bernapas.

4. Tidur Cukup

Tidur

Kebiasaan tidur terlambat ternyata tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh lho. Hal ini juga berakibat pada bertambahnya tingkat kerontokan rambut. Bagaimana bisa? Seperti yang kita tahu, tidur adalah istirahat terbaik untuk tubuh. Saat tubuh beristirahat, maka otak pun otomatis akan beristirahat juga. Hal ini akan menghindarkanmu dari stress berlebihan yang mengakibatkan rambut rontok. Jadi, tidur dengan waktu yang cukup (sekitar 7 jam per hari) akan membantumu mengurangi resiko stres yang memicu rambut rontok.

5. Sering-Sering Mengonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau

Kebiasaan yang satu ini mungkin terdengar sepele, tapi makan sayur memang sangat bermanfaat. Tidak hanya bagi tubuh, tapi juga bagi pertumbuhan rambut agar bisa menjadi rambut yang kuat dan tidak mudah rontok dan lagi, kandungan anti oksidan dalam sayuran hijau ini sangat bermanfaat untuk menutrisi batang rambut agar lebih kuat dan kokoh. Jadi, jangan lupa untuk membiasakan diri mengonsumsi sayuran hijau, ya.


Nah, itulah 5 kebiasaan baik sebagai perawatan rambut rontok yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Selamat membiasakan diri, ladies!