Featured Image Article 4214

Selalu Susah Tidur Malam? Hindari 5 Makanan Ini

Ternyata hal yang membuatmu susah tidur malam alias insomnia bisa disebabkan karena makanan kamu lho.

Leonita Photo
Leonita
Blogger
di Diet

Setelah menghadapi aktivitas yang padat di pagi hari, kamu membutuhkan tidur yang cukup pada malam harinya agar bisa tetap segar. Namun, bagaimana jika kamu selalu mengalami kesulitan tidur di malam hari? Tentunya hal tersebut membuatmu sangat tidak nyaman kan, ladies? Susah tidur ini memang tidak hanya dari pikiran saja lho, penyebabnya ternyata bisa juga dari makanan.

Walaupun sering disarankan untuk tidak mengonsumsi apapun sebelum tidur, namun pada kenyataannya memang sangat sulit untuk pergi tidur jika perut dalam keadaan lapar ya kan? Salah mengonsumsi makan maka kamu akan mendapati tubuhmu menjadi lemas pada pagi harinya. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi tepat sebelum kamu pergi tidur. Simak baik-baik ya, ladies!

5 Makanan yang Perlu Dihindari agar Tidak Susah Tidur

Hentikan mengonsumsi makanan ini agar tidurmu bisa nyenyak di malam hari.

1. Hamburger

Hamburger

Ketika lapar datang memang hamburger sepertinya pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lapar dalam sekejap. Sebenarnya tidak hanya khusus hamburger saja, melainkan makanan-makanan lainnya yang mengandung daging olahan, karena memiliki kandungan lemak yang dapat menstimulasi asam lambung sehingga menjadikannya tidak baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Selain itu, tidur dengan keadaan terlalu kenyang dapat menimbulkan rasa mual.

2. Cokelat

Cokelat membuat susah tidur

Cokelat mengandung kafein dan theobromin yang dapat menstimulasi sistem saraf, meningkatkan detak jantung dan tentunya dengan adanya kafein dapat meningkatkan insomia yang akhirnya akan membuatmu menjadi lebih sulit tidur. Semakin tinggi konsentrasi cokelat, maka kafein dan theobromina yang terkandung akan semakin tinggi sehingga bahkan dark chocolate pun  tidak baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. 

3. Sambal dan Makanan Pedas

Makanan pedas

Sebagai orang Indonesia, memakan makanan dengan sambal memang menjadi hal yang wajar, dan mungkin rasanya makanan tidak akan lengkap dan terasa nikmat jika tidak memakai sambal. Namun, memakan sesuatu yang pedas sebelum tidur dapat membuat tubuh mengalami heartburn yang akan membuat tidur menjadi tidak nyaman akibat panas tubuh yang meningkat. Tubuh baru dapat beristirahat dengan rileks ketika suhu tubuh berada sedikit dibawah suhu normal. 

4. Alkohol

Minum alkohol

Pernah berpikir untuk mengonsumsi alkohol sebelum tidur dengan anggapan alkohol dapat membuat tidur menjadi lebih mudah? Ternyata hal ini tidak benar! Alkohol dapat meningkatkan produksi urin sehingga kamu akan sering terbangun di malam hari hanya untuk ke kamar mandi. Tentunya, hal ini sangatlah mereportkan.

5. Daging Ayam

Daging ayam

Daging ayam mengandung banyak protein sehingga proses pencernaan akan melambat sebanyak 50%. Jika kamu pergi tidur setelah memakan daging ayam, tubuh tidak akan beristirahat karena harus memproses daging ayam yang kamu konsumsi. 


Nah, itu dia makanan yang sebaiknya kamu hindari jika tidak ingin susah tidur, ladies! Sebaiknya kamu mengonsumsi susu, buah ceri, pisang dan jasminer rice agar bisa tidur dengan nyenyak. Untuk daging, kamu dapat mengganti daging ayam dengan daging ayam turkey dan pastikan untuk mengonsumsinya 1,5 - 2 jam sebelum kamu pergi tidur.