Featured Image Article 422

Bebas Stres dengan Hewan Peliharaan

Apakah kamu pecinta hewan, ladies? Ya, anjing Corgi, kucing Persia, ikan Mas Koki, atau hamster imut ternyata bisa melatih kemampuan kamu dalam bersosialisasi.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Lifestyle

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Applied Developmental Science menunjukkan bahwa orang dewasa muda yang mempunyai ikatan tertentu dengan hewan cenderung aktif di komunitas sekitar, serta menunjukkan kemampuan sebagai pemimpin. Menurut Megan Mueller, Ph.D., Developmental Psychologist and Research Asisstant Professor dari Cummings School of Veterinary Medicine, Tufts University, Boston, yang paling penting bukanlah kehadiran hewannya, tetapi kualitas hubungan antara kamu dan hewan tersebut.

Survei dilakukan pada 500 orang dengan rentang usia 18-26 dan terbukti bahwa mereka yang memiliki interaksi kuat dengan hewan peliharaan merasa lebih dekat dengan orang-orang sekitar da lingkungannya. Tidak hanya itu, umumnya mereka pun memiliki kepercayaan diri dan empati yang lebih tinggi dibanding dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Hal ini tentu berkontribusi kepada tingkat stress yang akan dialami. Semakin sehat jiwamu, maka semakin rendah juga kamu berisiko terserang stres.

Ya ampun, siapa tahu betapa bermanfaatnya memiliki hewan peliharaan terhadap kesehatan jiwa dan ragamu?

Ditambah lagi, memelihara hewan bisa menjadi jawaban bagi kamu untuk lebih mudah bergaul. Mengapa? Memiliki hewan peliharaan mampu menumbuhkan rasa percaya (trust) dan kasih saying, sehingga hal yang sama juga akan terjadi kepada sesama manusia. Memelihara hewan peliharaan bisa dikatakan sebagai salah satu sarana ‘latihan’ untuk bergaul dan mempercayai orang lain. Hmm, mungkin memelihara hewan peliharaan bisa menjadi pilihan kamu yang sedang mengalami broken heart nih.

Kesimpulannya, bukan karena hewan maka kamu bisa jadi lebih sehat, tapi lebih kepada hubungan antara kamu dan si meong atau gukguk itu yang membuatmu lebih sehat secara psikologis!

Tunggu apa lagi ladies, yuk miliki hewan peliharaan! Akan tetapi, jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu memiliki waktu dan tanggung jawab dalam mengurus hewan peliharaan pilihanmu ya cantik!

Untuk yang sudah punya hewan peliharaan, hewan apa sih yang menjadi favoritmu? Share yuk di kolom komentar!