Featured Image Article 4273

7 Bahan Kosmetik Penyebab Timbulnya Jerawat yang Perlu Kamu Waspadai

Tidak bisa dipungkiri saat ini kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer, terutama bagi wanita. Tapi kesalahan memilih kosmetik justru akan merusak kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Inka Photo
Inka
Contributor
di Makeup

Kosmetik merupakan salah satu hal yang sangat dekat dengan wanita. Kosmetik juga dipercaya dapat mempercantik dan menambah rasa percaya diri wanita terutama dalam hal berpenampilan. Tak jarang wanita rela membeli kosmetik dengan harga yang mahal untuk mendapatkan kualitas dan hasil make up yang sempurna sesuai dengan keinginannya. Tapi tahukah kamu jika kosmetik juga salah satu pemicu munculnya jerawat?

Kosmetik dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat karena menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit, bahkan dapat memperparah kulit yang sudah berjerawat. Hal tersebut disebabkan karena adanya beberapa bahan dalam kosmetik yang tidak baik untuk kesehatan kulit dan dapat menyebabkan penyumbatan pada pori - pori. Agar wajahmu tidak menjadi timbul jerawat, kamu perlu bahan-bahan apa saja yang dapat meyebabkan jerawat.

7 Bahan Kosmetik Penyebab Timbulnya Jerawat yang Perlu Kamu Waspadai

Kenali bahan-bahan yang dapat membuat wajahmu menjadi jerawatan, ladies! Yuk, simak!

1. Talc

Eyeshadow

Talc berfungsi untuk menyerap kelembaban, zat ini bersifat karsinogen pada tubuh yang dapat menyebabkan kanker ovarium dan tumor paru-paru. Beberapa jenis kosmetik yang mengandung talc adalah eye shadow, sabun dan deodorant.

2. Sintetik Lanolin

Pelembap

Sintetik lanolin adalah pelembap kulit yang biasanya terbuat dari minyak domba. Tetapi tak jarang bahan ini dapat menyebabkan alergi, membuat noda dikulit, menyebabkan jerawat, dan bahkan berpotensi meningkatkan resiko kanker.

3. Pewarna Buatan

Lipstick

Biasanya pewarna buatan pada sebuah produk tertulis “Yellow Number 1, D&C, FD & C” dalam daftar bahan. Bahan tersebut umumnya mengandung timbal asetat yang bersifat racun bagi sistem syaraf manusia, menyebabkan iritasi kulit/jerawat, serta menyebabkan resiko kanker dan gangguan pada organ reproduksi. Produk kosmetik yang biasanya mengandung pewarna buatan adalah lipstik dan blush on.

4. Minyak

Minyak

Kandungan minyak pada produk kosmetik memang bisa membantu menjaga kelembaban kulit. Akan tetapi pemakaian yang tidak tepat atau berlebihan justru akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan sel kulit mati menumpuk pada wajah sehingga sulit dibersihkan.

5. Mineral Oil

Mineral oil

Produk yang mengandung mineral oil umumnya adalah jenis pelembab kulit. Lapisan tipis mineral oil pada kulit akan menyababkan pori-pori kulit tertutup sehingga menggangu proses pengeluaran toksin, menggangu sirkulasi udara dan menjadi sarang bakteri yang akhirnya menjadi penyebab tumbuhnya jerawat, terutama pada jenis kulit berminyak.

6. Isopropyl Myristate

Sabun pembersih muka

Bahan ini sering ditemukan pada krim anti jerawat dan sabun, berfungsi untuk mengangkat minyak dan memberi wajah tampilan yang bersih dan kesat. Namun, penggunaan yang terlalu banyak bisa membuat wajah benar-benar kering dan memicu terjadinya iritasi, termasuk jerawat.

7. Parfum

Parfum

Tak jarang pewangi buatan atau parfum sering ditambahkan pada kosmetik. Selain sebagai pemicu tumbuhnya jerawat, zat tersebut juga dapat mengakibatkan iritasi kulit. Kandungan parfum pada kosmetik juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker. Jadi, pastikan kosmetik yang kamu pakai non-parfume ya, ladies.


Itulah daftar bahan kosmetik yang dapat mengakibatkan jerawat. Pemilihan kosmetik yang tepat untuk kulit tentu sangat penting. Jadi, bijaklah dalam menggunakan kosmetik dan selalu ingat untuk membersihkan sisa - sisa kosmetik di wajah kamu setelah selesai menggunakannya untuk mencegah penyumbatan pori-pori yang di sebabkan oleh kosmetik tersebut.