Featured Image Article 4279

5 Jenis Concealer yang Wajib Kamu Ketahui untuk Kebutuhanmu

Jenis concealer yang berbeda ternyata memiliki manfaat yang berbeda pula. Oleh sebab itulah, pilih concealer sesuai dengan masalah kulitmu, apakah itu jerawat, flek, atau noda kemerahan?

Santi Photo
Santi
Contributor
di Makeup

Wajah yang cerah dan bersih menjadi dambaan bagi semua wanita. Tak jarang untuk mendapatkan wajah yang bersih dan cerah kamu seringkali menggunakan make up untuk menutup kekurangan pada wajahmu. Salah satu yang jenis make up yang ampuh untuk menutupi semua kekurangan pada wajahmu adalah concealer.

Concealer memang bisa menjadi solusi instan untuk menutupi berbagai masalah kulit yang terjadi di wajahmu, termasuk jerawat, noda-noda gelap atau kemerahan, lingkaran hitam di mata, dan berbagai masalah kulit lainnya. Namun, ada banyak sekali jenis concealer di luar sana. Sebenarnya jenis concealer manakah yang bagus dan cocok untuk kulit wajahmu?

5 Jenis Concealer yang Wajib Kamu Ketahui untuk Kebutuhanmu

Ada banyak sekali jenis concealer yang bisa digunakan untuk wajahmu. Agar cocok untuk kebutuhanmu, yuk simak jenis-jenis!

1. Jenis Stick

Concealer

Sumber: Dandancantik

Paling Tepat Digunakan untuk Apa: Karena concealer berbentuk stick biasanya sangat padat, jenis yang satu ini lebih cocok untuk menutupi jerawat. Dan karena sangat padat, pastikan kamu benar-benar sudah membaurkannya dengan maksimal. Gunakanlah brush yang lembut untuk meratakannya. Atau jika kulitmu kering, sebelum mengaplikasikan concealer, hangatkan concealer terlebih dahulu dengan cara memegang tube concealer menggunakan kedua tangan. Setelah beberapa saat, ambil sedikit bagian dengan brush. Cara ini akan membuat concealer lebih lumer, sehingga formulanya lebih ringan dan lembut.

2. Kemasan Pot

Pot concealer

Sumber: Notwithoutmylipstick

Paling Tepat Digunakan Untuk Apa: Concealer yang dikemas di dalam wadah seperti yang biasa dipakai untuk kemasan eye shadow ini cukup multifungsi. Concealer kemasan pot atau pan cocok digunakan untuk menyamarkan noda-noda di wajah ataupun lingkaran hitam atau kantung pada mata. Karena bentuknya padat, kamu bisa mengambilnya dengan ujung jarimu sehingga tidak akan terlalu banyak. Kamu juga dapat memanfaatkan concealer jenis ini sebagai dasar atau primer pada kelopak matamu sebelum menggunakan eye shadow.

3. Jenis Pen

Concealer pen

Sumber: Mostlysunny

Paling Tepat Digunakan untuk Apa: Ini dia concealer yang sangat tepat buat kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Concealer dalam bentuk pen sangat mudah dibawa dan sangat bagus untuk touch up kapan pun kamu membutuhkannya. Karena ujungnya yang dilengkapi dengan kuas, kamu bisa sekaligus membaurkannya. Waktumu pun tidak akan tersita karena concealer ini sangat cepat dan mudah untuk digunakan. Pada saat siang hari ketika makeup-mu mulai luntur, gunakan concealer berbentuk pen ini pada area dengan foundation yang sudah mulai terkikis agar penampilanmu fresh kembali.

4. Doe Foot Wand

Doe foot wand concealer

Sumber: PrettyfacesbySasha

Paling Tepat Digunakan Untuk Apa: Concealer yang berbentuk seperti lip gloss cair dengan wand sebagai aplikatornya ini biasanya memiliki formula yang cukup ringan. Oleh sebab itulah concealer ini sangat cocok untuk menutupi warna kulit tidak merata atau noda-noda yang lebih lebar. Misalnya saja warna kemerahan yang sering terjadi di sekitar hidung. Karena formulanya yang ringan, concealer ini juga tidak mudah pecah ketika digunakan. Hanya saja pastikan kalau kamu sudah membaurkannya dengan brush yang lembut.

5. Jenis Tube 

Nyx Concealer

Sumber: Indianmakeupandbeautyblog

Paling Tepat Digunakan Untuk Apa: Untuk menyamarkan lingkaran hitam di mata dan warna kulit tidak merata, kamu hanya memerlukan sedikit saja concealer yang creamy ini. Agar lebih presisi, kamu bisa menaruh sedikit concealer di punggung tanganmu dan menggunakan brush kecil untuk mengaplikasikannya kalau kamu ingin menutupi noda pada kulit. Formula concealer jenis ini bisa bermacam-macam, jadi pilih sendiri sesuai dengan kebutuhanmu. 


Ada baiknya juga kamu memiliki beberapa jenis concealer agar kamu selalu siap kapan pun kamu perlu menutupi masalah di kulit wajahmu.