Featured Image Article 431

Awas! Rambut Sering Diikat Rawan Rontok

Bila kamu sedang mengalami kerontokan rambut, hindari kebiasaan mengikat rambut dengan kencang, apalagi mengikatnya makin tinggi di puncak kepala, karena akan memperparah kerontokanmu

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Hair

Bila kamu sedang mengalami kerontokan rambut, hindari kebiasaan mengikat rambut dengan kencang, apalagi mengikatnya makin tinggi di puncak kepala (atau ekor kuda). Kebiasaan ini akan semakin memperparah kerontokan yang kamu alami.

Benar bahwa mengikat rambut kencang, atau membuat cepol dengan ikatan sangat kencang akan membahayakan rambut. Menurut Temitayo Ogunleye, M.D., seorang dermatologis dari University of Pennsylvania menegaskan bahwa mengikat rambut akan membuat akar rambut semakin lemah dan tertarik, sehingga kerontokan akan semakin parah.

Semakin tinggi ikatan rambut kamu, semakin besar tarikan yang akan ditahan oleh akar rambut. Karena itu, sebisa mungkin hindari rambut yang diikat ekor kuda atau cepol/gulungan rambut yang sangat rapat. Bila rambut kamu sedang mengalami kerontokan, sebaiknya biarkan rambut tergerai atau ikatlah di bagian belakang leher dengan karet yang tidak terlalu kencang.

Perawatan rambut dimulai dari diri sendiri. Semakin kamu peduli dengan rambut, semakin kecil kemungkinan rambut rusak atau rontok. kamu bisa memakai gaya rambut ekor kuda jika kondisi rambut sudah sehat dan berkurang rontoknya.