Featured Image Article 4337

Ketahui 7 Bahan Ini Berbahaya untuk Perawatan Kulit Wajah Kamu

Jangan langsung percaya dengan bahan-bahan alami ini, ladies! Tidak semuanya aman untuk digunakan lho.

Ayu Dewi Photo
Ayu Dewi
Editor
di Skin Care

Merawat kulit memang sudah pasti dilakukan oleh wanita untuk mendapatkan kulit yang mulus dan cantik. Perawatan kulit yang dilakukan bisa melalui dokter kulit maupun produk kecantikan. Tidak jarang, banyak cara alami untuk perawatan tubuh. Bahan-bahan yang digunakan pun juga tidak sulit untuk dicari karena ada di sekitar kita. Cara yang dilakukan pun tidak sulit dengan panduan dari internet. Namun, tahukah kamu bahwa tidak semua bahan aman untuk digunakan sebagai perawatan kulit. Bahan-bahan apa sajakah tersebut? Yuk, simak!

7 Bahan Ini Berbahaya untuk Perawatan Kulit Wajah Kamu

Meskipun bahan ini sering digunakan untuk perawatan kulit, bukan berarti aman untuk digunakan.

1. Hairspray

Hairspray

Hairspray sering digunakan untuk perawatan kulit isamakan dengan setting spray, untuk bisa mengawetkan make up yang ada di wajah. Tentu saja hal ini sangat salah, karena akan menimbulkan komedo. Hal ini dapat menutup pori-pori yang ada di wajahmu sehingga menjebak minyak dan bakteri di dalamnya. Jika memang kamu ingin membuat make up menjadi tahan lama di wajah, sebaiknya kamu menggunakan setting spray yang sesuai.

2. Pasta Gigi

PAsta gigi

Pasti kamu sudah familiar dengan penggunaan pasta gigi untuk bahan perawatan kulit, ladies! Biasanya pasta gigi digunakan pada jerawat dan bekas jerawat. Padahal, sebenarnya bahan ini tidak akan bermanfaat sama sekali terhadap wajahmu. Justru kombinasi kandungannya seperti peppermint, peroksida, parfum, dan alkohol dapat membuat kulitmu menjadi rusak. Jika kamu jerawaran, sebaiknya gunakan tea tree oil agar tidak membekas ketika jerawat hilang.

3. Air Panas

Air panas

Jika kamu berharap air panas dapat membuka pori-pori kamu untuk terbuka hal ini sangat salah, karena air panas malah akan membuat kulitmu menjadi iritasi dan membuat kulit kering. Jika kamu ingin melakukan deep cleansing, sebaiknya guanakn air hangat, bukan air panas.

4. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida

Bahan ini memang berguna sebagai antiseptik dan sangat bagus untuk mencegah infeksi, namun untuk bahan di kulit bahan ini sebaiknya tidak digunakan. Hidrogen peroksida dapat membuat kulit menjadi kemerahan dan membuat kulit menjadi sensitif jika terlalu lama digunakan.

5. Body Lotion

Body lotion

Dari namanya, body lotion hanya cocok untuk digunakan di badan bukan di wajah. Kebanyakan body lotion mengandung parfum yang membuat kulit menjadi iritasi dan akan membuat komedo pada wajahmu. Jika kamu ingin melembapkan wajahmu, sebaiknya gunakan moisturizer khusus untuk wajah dan tidak menggunakan body lotion.

6. Gula

Gula

Penggunaan gula di bibir sebagai scrubbing tidak apa-apa, karena bibir lebih elastis daripada kulit. Jika kamu menggunakan gula untuk scrubbing wajah, bahannya sangat abrasif sehingga akan membuat kulit menjadi iritasi karena permukaannya yang terlalu kasar.

7. Alkohol

Mengoleskan alkohol

Seperti hidrogen peroksida, penggunaan alkohol sendiri untuk wajah sangat tidak bagus karena sifat alkohol sebagai disinfektan untuk mensterilkan luka dan mencegah infeksi. Mengoleskan alkhol pada wajah dapat membuat wajah menjadi kering dan membuat rusak wajah. Hal ini akan membuat kulit menjadi iritasi dan membuat kulit menjadi kering karena merusak kelembapan yang ada pada wajah.


Nah, bagaimana, ladies? Sekarang sudah tahu kan bahan-bahan apa saja yang bisa kamu gunakan dan tidak untuk perawatan kulit wajahmu.