Featured Image Article 4345

10 Tips Merawat Rambut Panjang Sederhana yang Wajib Kamu Lakukan

Ini dia beberapa tips merawat rambut panjangmu agar bisa tergerai dengan indah, ladies!

Wikan Photo
Wikan
Contributor
di Hair

Memiliki rambut panjang yang sehat dan kuat memang bisa dikatakan sebagai idaman banyak wanita. Tapi ternyata memiliki rambut panjang juga berarti memiliki banyak resiko kerusakan rambut yang harus kamu hadapi. Perawatan untuk rambut panjang pun bukan perkara yang mudah. Tidak boleh dilakukan sembarangan atau asal-asalan.

Perawatan rambut yang salah akan membuat rambutmu keluar-luar dan susah diatur. Hal ini pastinya akan membuat rambut panjangmu tidak enak dilihat kan? Maka dari itu pada artikel kali ini akan dibahas tentang beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut panjangmu, ladies! Yuk, langsung saja simak info lengkapnya berikut ini.

10 Tips Merawat Rambut Panjang Sederhana yang Wajib Kamu Lakukan

Jangan sampai rambut kamu tergerai dan membuat rambutmu rusak lho, ladies!

1. Keramas Secara Teratur

Shampoo

Bagi kamu pemilik rambut panjang, keramas rutin memang harus dijadikan ritual wajib. Tapi, hal ini bukan berarti kamu harus keramas setiap hari, lho ladies! Pasalnya, jika kamu menggunakan shampoo untuk keramas setiap hari, maka kelembaban rambut akan menurun dan mengakibatkan rambut kering. Rambut kering inilah yang biasanya memunculkan banyak masalah baru, seperti rambut bercabang, rusak, kulit kepala gatal, dan berketombe. Untuk menghindari masalah rambut tersebut, kamu disarankan untuk mencuci rambut secara rutin setiap 2 hari sekali.

2. Aplikasikan Conditioner Setelah Keramas

Conditioner

Setiap kali kamu keramas, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan conditioner setelahnya. Selain melembabkan dan menutrisi rambut, conditioner juga sangat efektif untuk melembutkan rambutmu, ladies! Jangan lupa untuk selalu memilih conditioner yang sesuai dengan jenis rambutmu dan hindari pengaplikasian conditioner hingga ke akar rambut yang bisa menyebabkan rambut cepat lepek dan berminyak.

3. Rutin Memotong Rambut

Potong rambut

Memotong rambut secara rutin bertujuan untuk mengurangi dampak kerusakan rambut agar tidak menyebar dan membuatnya semakin parah. Selain itu, ujung rambut yang sangat rentan dengan masalah rambut bercabang pun bisa dibuang dengan sendirinya. Potonglah rambutmu minimal 3 bulan sekali untuk menjaganya tetap cantik dan sehat.

4. Hindari Penggunaan Hair Dryer

Hair dryer

Saat kamu menggunakan hair dryer, rambut akan menjadi semakin kering dan rentan terhadap bermacam-macam masalah rambut, seperti rambut bercabang, rapuh, dan rontok yang berkepanjangan. Untuk menghindari hal tersebut di atas, sebaiknya keringkan rambutmu dengan cara diangin-anginkan di depan kipas angin.

5. Hindari Mengikat Rambut

Ponytail

Mengikat rambut terlalu kuat akan mengakibatkan semakin rapuhnya bagian rambut yang diikat tersebut  karena rambut pada bagian tersebut tidak bisa bernapas dengan baik. Tak hanya itu, mengikat rambut juga meninggalkan bekas bentuk bergelombang di rambutmu dan membuatnya tampak tidak sehat.

6. Menggunakan Masker Lidah Buaya

Lidah buaya

Daging buah dari tanaman lidah buaya memang dipercaya efektif untuk menjaga kesehatan rambut dan memberikan nutrisi lebih untuknya. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengaplikasikan masker lidah buaya pada permukaan rambutmu, diamkan selama 30 menit, dan bilas. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

8. Sisir dari Bawah ke Atas

Sisir rambut

Menyisir rambut dapat menyebabkan kerusakan pada rambutmu jika tidak dilakukan dengan benar. Ketika kamu menyisir rambut sebaiknya kamu menyisir rambut dari bawah ke atas dibandingkan dari atas ke bawah. Hal ini karena ketika kamu menyisir rambut dari atas ke bawah, malah akan membuat kusut pada bagian bawah sehingga rambutmu akan tersangkut di sisir dan rontok. 

9. Jangan Gunakan Handuk Tebal untuk Mengeringkan Rambut

Handuk

Handuk yang tebal memang nyaman untuk mengeringkan tubuh. Namun, sebaiknya kamu jangan mengeringkan rambut dengan jenis handuk yang tebal karena bahan fibernya akan meresap semua kelembapan yang ada di dalam rambut sehingga membuat rambut kering dan menjadi keluar-luar. Sebaiknya gunakan handuk tipis atau gunakan kaos dengan bahan katun untuk mengeringkan rambutmu setelah keramas agar kelembapannya masih tersisa.

10. Terakhir, Bilas Rambut dengan Air Dingin Setelah Keramas

Membilas rambut

Membilas rambut dengan air dingin dapat membuat rambutmu lebih sehat dan membuat rambut lebih cepat panjang. Air dingin juga dapat mencegah rambutmu kehilangan kelembapan dan kerusakan dari panas. Kamu hanya perlu membilas dengan air dingin selama beberapa detik saja dan akan membuat rambutmu menjadi lebih sehat.


Nah, itu dia beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut panjangmu, ladies! Semoga bermanfaat!