Featured Image Article 435

Pentingnya Stempel bagi Orang Jepang

Kalau di belahan dunia lain pada umumnya tanda tangan adalah hal yang sangat penting, lain lagi di Jepang! Bagi orang Jepang, membubuhkan tanda tangan sangatlah asing.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Japan

Orang Jepang lebih familiar dengan menggunakan cap stempel pribadi. Cara ini merupakan proses memberikan wewenang atau kuasa, tanpa menggunakan coretan tangan tapi dengan menggunakan cap stempel yang memiliki bentuk unik dan khusus tergantung pribadi yang memilikinya.

Kegunaan

Stempel biasanya berisi nama orang yang memilikinya, atau bisa juga nama lembaga. Hurufnya dimulai dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Kebiasaan menggunakan stempel ini diambil oleh orang Jepang dari orang Cina. Stempel ini bisa digunakan untuk bermacam-macam tujuan dari tujuan yang berhubungan dengan pemerintah, bank dan juga penggunaan sehari-hari.

Pemilik stempel haruslah berhati-hati menjaga stempel mereka. Karena stempel itu adalah bentuk pemberian wewenang sehingga berbahaya bila jatuh ke tangan orang yang ingin memanfaatkan kekuasaan tersebut.

Dari segi keamanan memang stempel ini patut dijaga baik-baik. Tapi dari segi kepraktisan, stempel ini benar-benar alat yang menyenangkan. Misalnya akan ada dokumen yang perlu kita stempel sementara kita akan melakukan perjalanan jauh, sebelumnya kita bisa memberikan stempel tersebut pada orang yang kita percaya untuk menggantikan kita. Sangat beresiko memang, tapi di Jepang, semua ini mengenai masalah kepercayaan. Belajar mempercayai orang-orang yang ada di sekitar kita ternyata bisa jadi sangat praktis dan membantu.

Unik ya! Bagaimana menurutmu? Lebih baik stempel atau tanda tangan?