Featured Image Article 439

Ternyata Jerawat pun Banyak Jenisnya!

Jerawatan? Ugh! Ingin rasanya sejenak menghilang dari dunia karena sedang timbul jerawat. Tapi penasaran tidak dengan jenis jerawat?

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Skin Care

Jerawat yang muncul pada wajah terdiri dari berbagai jenis, yaitu jerawat biasa, komedo, dan jerawat batu. Nah, untuk melakukan penanganan yang tepat, sebaiknya kamu mengetahui dengan akurat jenis mana yang menjadi masalah kulitmu.

Ya, si benjolan kecil ini memang seringkali menjadi masalah, terutama bagi perempuan muda nih Kawaii-ladies. Si benjolan ini bisa muncul kapan saja, dimana saja, dan menyerang siapa saja tanpa melihat usia tua atau muda. Wajah yang awalnya bersih dan halus pun bisa menjadi rusak seketika hanya karena setitik benjolan putih menyebalkan itu.

Jerawat Biasa

Jerawat jenis ini berupa tonjolan kecil berwarna pink kemerahan. Hal ini disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat, kemudian terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne.

Komedo

Jerawat jenis komedo terdiri atas dua sub jenis, yaitu:

Komedo Terbuka (Blackhead)

Komedo jenis ini memiliki ciri-ciri pori-pori yang membesar dan menghitam. Asal muasal komedo terbuka (blackhead) adalah komedo tertutup (whitehead) yang kemudian terekspos oksigen (oksidasi) kemudian menjadi berwarna kehitaman.

Komedo Tertutup (Whitehead)

Komedo jenis ini merupakan awal dari blackhead. Whitehead alias komedo tertutup adalah kulit yang tumbuh di atas pori-pori tersumbat sehingga terlihat seperti benjolan putih berukuran kecil.

BACA JUGA: Menghilangkan Komedo Dengan Cara Tradisional

Jerawat Batu

Nah, jerawat biasa maupun komedo tidak memiliki dampak yang signifikan dan relatif lebih gampang dihilangkan bila segera ditangani dengan penanganan yang tepat dan pembersihan wajah secara teratur.

Jerawat batu atau secara ilmiah dikenal sebagai Cystic acne merupakan benjolan yang terbentuk akibat produksi sebum yang meningkat secara tiba-tiba sehingga menyumbat saluran sebum di lapisan kulit yang lebih dalam. Kondisi ini mengakibatkan isinya tersebut tidak dapat dikeluarkan dan terus membesar di dalam. Karena terus tumbuh di dalam, maka kondisi ini seringkali disebut sebagai jerawat batu karena ukurannya yang besar dan tekstur yang keras.

BACA JUGA: Yuk Cari Tahu Cara Enyahkan Jerawat Batu!

Nah, sekarang kamu sudah tahu dong jerawat jenis apa sih yang menjadi masalah kulit wajahmu? Sesuaikan perawatan kulit dengan masalah yang ada sehingga masalah kulitmu bisa lekas tuntas. Jadi, jangan terburu-buru menyalahkan produk yang kamu beli ya Kawaii-ladies, pastikan produk sesuai dengan masalah dan kebutuhanmu dulu!

Simak tips oke lainnya untuk membasmi jerawat membandel!