Featured Image Article 440

Yuk Cari Tahu Cara Enyahkan Jerawat Batu!

Apa itu jerawat batu? Sebelumnya sudah pernah dibahas tentang jenis-jenis jerawat yang perlu kamu ketahui, Kawaii-ladies. Sekarang akan dibahas lebih lanjut tentang jerawat batu.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Skin Care

Apa itu Jerawat Batu?

Jerawat batu (Cystic acne) merupakan jerawat yang terbentuk sebagai akibat produksi sebum yang berlebih karena terjadi peningkatan secara tiba-tiba. Peningkatan tersebut kemudian mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada saluran sebum di lapisan kulit yang lebih dalam. Nah, kondisi ini lah yang menjadi penyebab isi jerawat tidak bisa keluar dan membengkak.

Penyebab Jerawat Batu

Si benjolan menyebalkan ini terjadi karena adanya gangguan hormon dan stres, kurang tidur contohnya. Jerawat batu juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain sebagai berikut:

Faktor Keturunan

Anak-anak yang lahir dari orangtua dengan riwayat hidup mengalami jerawat jenis ini cenderung akan menjdi pewaris masalah yang sama.

Alergi Makanan

Selain keturunan, ternyata jerawat jenis ini juga bisa diakibatkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan alergi seperti sea food (udang, ikan, kerang, dan sebagainya).

Sinar Matahari

Walau sinar matahari menyimpan jutaan manfaat, terlalu lama terkena paparan sinar matahari bisa merusak kulit, terutama bagian wajah. Hal ini karena kulit daerah wajah cenderung lebih tipis sehingga lebih sensitif. Kerusakan kulit ini dapat melemahkan pertahanan kulit sehingga rawan timbul jerawat.

Bakteri

Jerawat juga dapat disebabkan oleh bakteri. Bakteri dapat berkembang biak dalam kelenjar kulit yang tersumbat sehingga menghasilkan racun (toxin), hal ini lah yang menyebabkan kulit teriritasi dan menimbulkan jerawat.

Penyumbatan Kelenjar Kulit

Dalam kulit terdapat kelenjar sebacea, kelenjar ini bisa tersumbat akibat kotoran, debu yang bercampur keringat, serta minyak pada pori-pori wajah sehingga terjadilah jerawat batu.

Penggunaan Makeup

Pemakaian kosmetik berlebih dan tidak disertai dengan pembersihan yang sempurna dalam jangka panjang mampu mengakibatkan kerusakan kulit, salah satunya adalah jerawat.

Menangani Si Bandel Jerawat Batu

Agar terhindar dari jerawat yang meradang, disarankan untuk melakukan prinsip perawatan kulit yang umum. Jangan sampai memecahkan jerawat dengan tangan, jangan sering menyentuh wajah apalagi dalam kondisi tidak bersih, jangan lupa bersihkan wajah setelah beraktivitas dan sebelum tidur, serta pilihlah produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Nah, bagaimana jika kamu sedang mengalami si jerawat keras ini? Segeralah kunjungi dokter kulit. Karena meskipun jerawat batu sangat sulit untuk disembuhkan, tentu kita tidak boleh membiarkannya begitu saja. Justru jerawat hanya akan semakin parah dan berkembang menjadi masalah serius jika diabaikan dan tidak ditangani dengan benar. Waktu yang diperlukan untuk sembuh total memang akan agak lama, tetapi tentu pengobatan di bawah kendali dokter akan lebih efektif dalam jangka panjang.

Salah satu cara mengobati jerawat batu adalah melalui proses electrocauterisasi. Proses ini dilakukan dengan menggunakan jarum panas atau alat cauter khusus yang ditujukan untuk mengeluarkan isi jerawat. Selain proses ini, umumnya dokter juga meresepkan sejumlah obat minum untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan antibiotik guna mengurangi peradangan dan infeksi. Tidak selesai sampai disitu, masalah yang kerap muncul adalah bekas jerawat. Untuk membantu menghilangkan bekas jerawat adalah tindakan laser dan peeling. Selain itu, dibutuhkan kesabaran yang cukup tinggi karena keseluruhan pengobatan dan perawatan dapat memakan waktu paling tidak 3 bulan.

Nah, jadi kalau jerawat yang kamu alami adalah jerawat batu, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter ya Kawaii-ladies!