Featured Image Article 443

Kenapa sih Compact Disc Masih Populer di Jepang?

Tahukah kamu, di Jepang, penjualan musik dalam bentuk Compact Disc (CD) masih sangat tinggi. Penjualan media fisikal seperti CD, Booklet dan sebagainya di Jepang adalah penjualan yang tertinggi.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Japan

Sementara, di peringkat dua ada Amerika yang memang sudah tidak terlalu memperhatikan penjualan media fisik, karena lebih memfokuskan penjualan melalui digital download.

Hal ini bisa saja dikarenakan adanya perbedaan nilai yang dipegang oleh orang Jepang. Orang Jepang, di luar dugaan, sangat menghargai materi atau konten fisik seperti CD, poster, album foto dan sebagainya. Karena pada faktanya, orang Jepang, terutama yang sudah mengidolakan musisi secara fanatik, harga tidak pernah menjadi masalah, selama apa yang mereka dapat diiringi dengan materi tambahan, misalnya seperti penjualan CD biasanya selalu diiringi dengan pin-up, tanda tangan  bahkan booklet kumpulan foto artis tersebut.

Banyak juga promosi-promosi untuk Meet and Greet yaitu di mana para fans yang membeli CD eksklusif dari seorang musisi atau grup musik dapat bertemu langsung dengan idola mereka, entah untuk mendapat tanda tangan eksklusif ataupun bersalaman secara langsung karena pada akhirnya, orang Jepang adalah orang-orang yang menghargai hal-hal seperti ini. Hanya menikmati karya idola mereka melalui media saja tidaklah cukup.

Hal tersebut itu juga lah yang menyebabkan nilai penjualan media fisik di Jepang sampai tahun 2012 kemarin meningkat pesat sementara nilai penjualan media via download malah menurun drastis.  Padahal di Amerika Serikat dan Inggris yang menempati posisi ketiga untuk penjualan media, perkembangan telah berjalan untuk penyebaran media via download, contohnya seperti dari iTunes dan media lainnya.

BACA JUGA: Visual Kei Aliran Unik Band Jepang Yang Menarik Hati

Luar biasa ya  para fans idola di Jepang. Apa kamu pernah mengidolakan artis kesayanganmu seperti itu?