Featured Image Article 4481

5 Kesalahan Memakai Masker Wajah yang Akan Membuatmu Cepat Tua

Memakai masker wajah secara teratur memang bisa sangat bermanfaat bagi kulit. Akan tetapi, jika tidak tepat dalam menggunakannya, masker wajah ternyata justru dapat membuat wajah lebih cepat tua.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Skin Care

Masker wajah merupakan salah satu solusi untuk mengatasi berbagai masalah wajah, seperti jerawat, kulit kering, keriput, berminyak, noda-noda gelap, dan lain sebagainya. Saat ini, banyak sekali produk masker yang diklaim efektif untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Namun apapun masker wajah yang kamu pilih, sebaiknya kamu menghindari 5 kesalahan ini jika tidak ingin wajahmu terlihat lebih tua.

Kamu Memakai Masker Wajah Terlalu Lama

Masker wajah

Baca terlebih dahulu petunjuk pemakaian sebelum mengaplikasikan masker di wajahmu. Ikutilah waktu yang ditentukan dalam instruksi tersebut. Jika ketentuannya 10 menit, jangan sampai memperpanjangnya hingga 20 menit. Mungkin kamu mengira jika dengan memperpanjangnya, kamu akan bisa mengatasi masalah di wajahmu dengan lebih cepat.

Padahal sebenarnya bukan masalah seberapa lama kamu memakai masker. Misalnya saja jika wajahmu berjerawat, menggunakan masker wajah terlalu lama akan menghilangkan kelembaban alami wajahmu, sehingga wajahmu pun lebih riskan ditumbuhi lebih banyak jerawat. Selain itu, hal itu akan membuat kulitmu kering, yang akan semakin memperjelas tanda-tanda penuaan di wajah. Kalau kamu membuat sendiri maskermu, patuhlah pada waktu yang direkomendasikan.

Masker yang Kamu Pilih Tidak Ideal untuk Jenis Kulitmu

Masker

Seperti halnya produk cleanser, masker biasanya mencantumkan secara detil siapa yang cocok untuk memakainya, apakah itu kulit berminyak, kering, atau sensitif. Penting sekali untuk menggunakan masker yang hanya cocok untuk jenis kulitmu. Kamu bisa memilih masker yang berkhasiat untuk mencerahkan warna kulitmu, meminimalisir pori-pori, mengurangi minyak, dan lain sebagainya.

Jika kamu tanpa sadar atau dengan sengaja mencoba masker yang tidak cocok dengan jenis kulitmu, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan masalah kulit yang baru, termasuk kulit yang semakin kering. Kulit yang terlalu kering akan memicu garis-garis halus di wajah. Pori-porimu pun akan beresiko semakin membesar.

Kamu Tidak Melakukan Eksfoliasi Sebelumnya

Eksfoliasi

Masker yang bagus, terutama yang memiliki formula krim, sangatlah bagus untuk kulit kering. Namun meskipun bagus, jenis masker tersebut tidak bisa sekaligus berfungsi sebagai eksfoliator. Oleh sebab itulah, untuk memaksimalkan manfaat anti-aging dan hidrasinya, kamu harus melakukan eksfoliasi sebelumnya.

Jika kamu ingin mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran sebelum memakai masker, maskermu pun akan jauh lebih mudah diserap oleh kulit. Buatlah kebiasaan membuat mini spa sendiri di rumah. Pertama-tama lakukan steaming, cleansing, exfoliating, kemudian baru pakai masker. Kulitmu pun akan lebih sehat dan terjauh dari keriput.

Kamu Memakai Clay atau Charcoal Mask Terlalu Tebal

Clay

Kamu hanya perlu satu lapisan tipis masker untuk mendapatkan manfaat masker. Terlalu tebal memakai masker tidaklah bagus, apalagi jika masker yang kamu pakai adalah clay atau charcoal mask. Kedua jenis masker ini didesain untuk mendetoks kulit dan menyeimbangkan produksi minyak. Mengaplikasikannya terlalu tebal akan membuang minyak alami dari kulitmu, sehingga kulit akan kering, bahkan mengelupas. Inilah yang akan memperparah garis-garis halus di wajahmu.

Kamu Tidak Memeriksa Kandungan Masker Metallic

Masker metallic

Masker metallic, seperti emas dan perak, memang sedang tren sekarang ini. Masker ini banyak mengandung hyaluronic acid yang sangat bagus untuk kulit, terutama jika yang kamu inginkan adalah mengurangi tanda-tanda penuaan. Akan tetapi, ternyata banyak masker metallic yang juga mengandung alkohol, yang sudah pasti dapat membuat kulitmu kering terutama jika kulitmu sensitif. Berhati-hatilah dengan selalu membaca daftar kandungan bahan yang tertera di kemasannya.