Featured Image Article 4485

7 Cara Mengatasi Rambut Berminyak yang Seharusnya Kamu Lakukan

Rambut yang berminyak jika tidak dirawat dengan baik akan membuat rambut menjadi lepek lho, ladies!

Hikma Photo
Hikma
Contributor
di Hair

Ketika kamu keramas di pagi hari, dan kemudian menatanya dengan sempurna. Semua terlihat cantik, sampai kemudian di sore hari, saat kamu tak sengaja melihat dirimu sendiri di kaca, rambut yang tadi pagi tertata cantik sudah berubah jadi lepek dan berminyak. Orang akan menyangka kamu sudah berhari-hari tidak keramas! Jika ini sering terjadi, maka rambutmu memang tipe berminyak. Kelenjar minyak yang diproduksi kulit kepala bisa berlebihan karena hormon, gen, atau bahkan tekstur alami rambutmu.

Jangan khawatir ladies, berikut ini cara yang perlu kamu lakukan untuk merawat rambut lepek dan berminyak. Yuk, simak!

7 Cara Mengatasi Rambut Berminyak yang Seharusnya Kamu Lakukan

Jangan biarkan rambutmu menjadi lepek ya, ladies!

1. Bilas yang Bersih Saat Keramas

Keramas

Ketika keramas, pastikan kamu sudah membilas rambut dengan bersih. Jika tidak, sisa-sisa shampoo dan kondisioner yang menempel di kulit kepala justru akan menyebabkan produksi minyak berlebih dan jadi sarang kotoran.

2. Keramas Dua Hari Sekali

Keramas

Karena minyak, kotoran, dan debu polusi yang menempel di rambut dan kulit kepala bisa menumpuk, maka disarankan kamu keramas dua hari sekali. Jangan setiap hari, karena keramas setiap hari justru bisa menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan rambut agar tidak kering. Pilih shampoo yang tidak “keras” juga. Jangan lupa pijat kulit kepalamu dengan lembut saat keramas.

3. Gunakan Lidah Buaya

Aloe vera

Salah satu bahan alami untuk mengatasi rambut lepek adalah lidah buaya. Campurkan satu sendok teh gel lidah buaya, satu sendok makan air perasan lemon (opsional), dan shampoo. Gunakan tiap kamu keramas.

4. Gunakan Kondisioner dengan Hati-Hati

Conditioner

Gunakan kondisioner hanya di bagian tengah dan bawah rambut saja, untuk jaga-jaga jika bagian tersebut kering. Jangan pakai kondisioner di bagian atas rambut, terutama bagian akar, karena kelembaban yang diberikan kondisionermu justru akan menambah minyak disana. Hasilnya, rambutmu akan jadi lebih berminyak.

5. Hindari Serum dan Gel Rambut yang Glossy

Vitamin rambut

Rambut berminyak itu sudah memiliki kilau alaminya sendiri. Jadi, hindari menggunakan shining serum atau gel rambut yang glossy untuk membuat rambut jadi lebih berkilau. Kilau yang berlebihan akan membuat rambutmu terlihat lepek.

6. Jangan Sering-Sering Menyisir Rambut

Menyisir rambut

Cukup sisir rambut sekali saja di pagi hari. Mengapa? Karena setiap kamu menyisir rambut, minyak di kulit kepala akan tersebar ke semua bagian rambut. Hasilnya, rambutmu jadi terlihat lepek.

7. Gunakan Bedak Bayi

Bedak bayi

Jika kamu terburu-buru dan tidak punya waktu untuk keramas, bubuhkan sedikit bedak bayi di atas kepalamu. Biatkan selama 5 menit, kemudian sisir. Bedak tersebut mampu menyerap kelebihan minyak di kulit kepala, dan membuat rambutmu menjadi wangi.


Nah, itu dia cara mengatasi rambut berminyak yang sebaiknya kamu lakukan agar rambut kamu tidak menjadi lepek ya, ladies! Selamat mencobanya!