Featured Image Article 4574

Ini 5 Faktor Penyebab Haid Lama yang Perlu Kamu Tahu

Normalnya haid hanya 7 hari saja lho, ladies!

Hikma Photo
Hikma
Contributor
di Health

Bagi wanita, haid sudah menjadi hal biasa. Tentu saja ketika haid kita sering merasa tidak nyaman di bagian perut. Normalnya masa haid hanya terjadi dalam waktu tujuh hari saja. Namun, tak jarang ada banyak wanita yang mengalami siklus haidnya menjadi terlalau lama. Jika kamu adalah salah satunya, kamu tidak boleh menyepelekannya lho. Berikut ini faktor-faktor penyebab haid lama dan bagaimana solusinya.

Ini 5 Faktor Penyebab Haid Lama yang Perlu Kamu Tahu

Jangan disepelekan lho!

1. Ketidakseimbangan Hormon

Sakit perut

Poliycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan keadaan dimana kelenjar tiroid mengalami perubahan atau justru kelebihan. Keadaan ini menyebabkan hormone seks berantakan sehingga menyebabkan menstruasi yang terlalu lama dan tidak teratur. Jika menstruasimu tidak normal atau berubah secara signifikan, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter spesialis hormone untuk memastikan kondisi kesehatanmu.

2. Pengobatan

Medicine

Jenis pengobatan tertentu seperti pengobatan tiroid, steroid, dan antipsikotik bisa mengganggu level hormonmu. Jika kamu tengah melakukan pengobatan tertentu, pastikan kamu meminumnya dengan benar dan bicarakan dengan doktermu mengenai alternatif pengobatan lainnya jika mengalami masalah.

3. Perubahan Berat Badan

Berat badan turun

Jika kamu mengalami menstruasi lebih lama dan berat badanmu semakin bertambah, hal ini bisa jadi indikasi bahwa kamu berada di atas berat badan ideal. Berat badan yang bertambah memicu meningkatnya hormon estrogen yang membuat menstruasimu lebih banyak dan lama. Diet sehat bisa kamu terapkan dengan mengatur pola makan dan gizi seimbang sehingga berat badanmu bisa kembali normal. Selain itu, seimbangkan dengan banyak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga teratur.

4. Stress Berat

Stress

Stress sangat berpengaruh terhadap siklus menstruasimu. Stress bahkan bisa membuatmu tidak mengalami menstruasi. Namun, setelah kamu tidak mengalami menstruasi selama sebulan, menstruasimu justru akan semakin banyak dan lama, bahkan pemicu pendarahan yang cukup banyak. Jika kamu menyadari perubahan yang terjadi selama menstruasimu berhenti karena kehilangan seseorang atau pekerjaan, sebaiknya pergilah ke psikiater untuk membantumu meredakan stress yang bisa memicu depresi.

5. Pengaruh Lingkungan

Teman

Lamanya menstruasi bisanya terjadi karena hormon estrogen yang ada di dalam tubuhmu lebih dominan dibandingkan hormon progesterone. Tidak hanya di dalam tubuh, estrogen juga bisa di dapat dari lingkungan seperti di dalam plastic, pestisida, dan daging yang diberi hormone. Untuk mencegah dampak dari estrogen luar, makan makanan dengan serat tinggi yang mampu mencegah estrogen terserap ke dalam tubuh. Selain itu, hindari makanan berpestisida, daging bersuntik hormone, dan makanan yang bebas dari antibiotic atau dengan kata lain, konsumsi makanan organik.


Nah, itu dia penyebab haid lama, ladies! Jangan sepelekan lagi karena akan berdampak terhadap kesehatanmu. Jika kamu merasa bahwa masa haidmu sudah terlalu lama, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter ya.