Featured Image Article 4584

Hati-hati! Keramas Setiap Hari Bisa Menyebabkan 5 Hal Buruk Ini Terjadi Padamu!

Rambut memang terasa bersih, tapi tidak sehat.

Marga Photo
Marga
Editor
di Hair

Jika kamu ingin merawat rambut indahmu, keramas adalah salah satu usaha paling mudah yang bisa kamu kamu lakukan. Terkadang jika kamu melewatkan keramas selama beberapa hari, pasti rambut terasa menjadi berminyak atau biasa disebut dengan lepek. Rambut yang lepek banyak menjadi alasan banyak orang untuk keramas setiap harinya. Padahal keramas setiap hari tidak sepenuhnya bagus lho, ladies!

Melakukan sesuatu secara berlebihan memang tidak pernah membawa hasil yang baik. Ini juga berlaku untuk keramas. Hal ini dilakukan karena jika tidak keramas, rambut akan terus-menerus tampak lepek. Tentu saja ini akan membuat tampilan jadi kurang menarik. Akan tetapi, di sisi lain keramas setiap hari justru dapat membahayakan kesehatan rambut, akarnya dan juga kulit kepala lho, ladies.

5 Hal Buruk yang Bisa Terjadi Padamu karena Keramas Setiap Hari

Apa saja sih hal-hal yang akan terjadi jika kamu keramas setiap hari? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Kesuburan Rambut Terganggu

rambut rusak

Sampo memang dapat membantu melembapkan rambut. Namun, jika kamu terus keramas, keseimbangan kulit kepala dapat terganggu. Sebum pada kulit kepala akan terkikis, rambut menjadi kering dan rapuh, pertumbuhan rambutpun akan terhambat. Hal ini disebabkan oleh kandungan pelembap berbentuk minyak yang biasa ada pada sampo. Jika kamu keramas setiap hari, minyak akan menumpuk dan menjadi kotoran yang menyumbat pori-pori kulit kepala. Akibatnya, nutrisi dari akar rambut tidak akan terdistibusi dengan baik, sehingga kesuburan rambut terganggu.

2. Kulit Kepala Menjadi Gatal

Kulit kepala gatal

Jika kulitmu adalah sensitif, tidak mustahil hal ini terjadi padamu, ladies. Bahan kimia yang terdapat pada sampo bisa saja tidak cocok dengan kulitmu. Saat keramas, bahan kimia ini akan mengenai kulit kepala, dan jika terlalu sering, kulit kepala akan menjadi gatal-gatal dan memerah.

3. Merusak Akar Rambut dan Kulit Kepala

Akar rambut

Beberapa sampo memiliki kandungan yang berfungsi untuk menciptakan busa saat keramas. Jika kandungan ini terlalu sering kamu gunakan dalam jangka waktu panjang, berpotensi merusak akar rambut dan menyebabkan kerontokan. Selain itu, kulit kepala juga bisa mengalami peradangan dan iritasi.

4. Rambut Mudah Patah

Rambut rontok

Sampo yang memiliki kandungan Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan formaldehyde dapat menurunkan produksi minyak pada kulit kepala. Namun, jika terlalu sering digunakan, keseimbangan minyak alami dapat terganggu. Akibatnya, rambut menjadi rapuh, mudah patah, dan tampak kusam.

5. Gangguan Mata

Keramas

Jika saat keramas sampo mengenai mata dan terasa perih, itu berarti sampo yang digunakan mengandung zat formaldehyde. Jika terlalu sering mengenai mata, maka dapat menimbulkan katarak mata dan gangguan kesehatan lainnya seperti iritasi dan bisa menyebabkan kanker. Jangan sampai hal ini terjadi padamu ya, ladies!


Waktu ideal untuk pemilik kulit kepala normal keramas adalah dua kali dalam seminggu. Sementara jika kulit kepalamu cenderung berminyak, sebaiknya keramas sekitar tiga kali dalam seminggu. Jika rambut kamu terasa lepek, selingi dengan menggunakan dry shampoo dari kamu harus keramas setiap hari. Selain mengatasi minyak dan kotoran berlebih pada rambut, dry shampoo juga dapat memberikan volume pada rambut, lho. Yuk, perhatikan kesehatan rambutmu mulai dari sekarang, ladies!