Featured Image Article 4615

7 Tips Menghilangkan Jerawat Dewasa yang Perlu Kamu Ketahui

Tak lagi remaja, kenapa jerawat masi melanda? Tak perlu risau ladies karena setidaknya 50% dari kita mengalaminya. Apa saja sih sebabny dan gimana cara mengatasinya?

Santi Photo
Santi
Contributor
di Skin Care

Jerawat memang tidak bisa dihindari dan masih saja menjadi suatu masalah bagi siapapun. Banyak orang yang mengira bahwa jerawat akan berhenti tubuh ketika kita dewasa, namun faktanya jerawat akan terus tumbuh sampai kita menginjak masa menopause. Selain jerawat, rupanya masih ada masalah-masalah lainnya, seperti noda-noda gelap, kemerahan, dan komedo  dan terlebih lagi, dibandingkan pria, wanita ternyata juga lebih riskan mengalami jerawat yang parah. Berikut ini adalah penyebabnya dan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Jerawat Dewasa

Jerawat pada wanita dewasa bisa terjadi karena fluktuasi hormon yang biasanya terjadi selama menstruasi dan kehamilan. Selain itu, jerawat dewasa juga dapat terjadi karena berhenti mengkonsumsi pil KB, serta stress. Tak hanya itu, kebiasaan kita dalam menggunakan makeup dan menggunakan produk skincare pun seringkali menjadi pemicu jerawat. Misalnya saja berlebihan dalam membersihkan wajah, over-eksfoliasi, atau terlalu lama menggunakan foundation dan concealer. Kebiasaan tersebut dapat mengganggu keseimbangan kulit dan menimbulkan jerawat.

7 Tips Menghilangkan Jerawat Dewasa yang Perlu Kamu Ketahui

Hal utama yang memicu jerawat dewasa adalah tersumbatnya pori-pori. Oleh sebab itu, untuk mencegah jerawat dewasa, lakukanlah hal-hal berikut ini:

1. Hentikan Kebiasaan Menggunakan Produk yang Memicu Jerawat

Jerawat

Pilihlah produk skincare dan kosmetik yang berlabel non-comedogenic. Jauh lebih mudah untuk mencegah daripada harus mengobati jerawat yang sudah terlanjur tumbuh.

2. Gunakan Produk untuk Mencegah Penyumbatan Pori-Pori Secara Rutin

Menghilangkan jerawat

Ada produk-produk yang memang ditujukan untuk mengurangi resiko penyumbatan pori-pori. Di samping itu, penting juga untuk selalu menjaga kebersihan kulit agar pori-pori selalu dalam keadaan bersih.

3. Selalu Siapkan Produk Spot Treatment

Spot treatment

Kamu tak pernah tahu kapan jerawat akan muncul. Namun, begitu kamu melihat tanda-tanda kemunculannya, segera gunakan spot treatment untuk mengatasi kemerahan atau inflamasi yang muncul. Carilah produk yang mengandung salicylic acid dan benzoyl peroxide.

4. Jangan Merokok atau Berjemur

Merokok

Selain bisa membahayakan kesehatan, kedua hal tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori. Selain itu, berjemur dapat memperparah noda-noda hitam pada, termasuk bekas jerawatmu.

5. Kurangi Karbohidrat Olahan dan Produk Susu

Olahan susu

Makanan-makanan tersebut merupakan beberapa di antara makanan yang dapat memicu jerawat. Di samping mengurangi karbohidrat dan susu, sebaiknya kamu menambah asupan zinc.

6. Jangan Mengutak-atik Jerawat

Acne

Memencet bukanlah solusi tepat untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Kebiasaan tersebut justru dapat memperparah inflamasi dan menyebabkan bakteri semakin menyebar ke area di sekitarnya. Walhasil, jerawatmu pun akan semakin meluas.

7. Bersabarlah

Kulit bebas jerawat

Kalau kamu sedang dalam pengobatan atau treatment jerawat, berilah waktu setidaknya 6 minggu untuk melihat hasilnya. Jangan buru-buru menyimpulkan karena treatment apapun pasti memerlukan proses. Baru setelah itu, kamu bisa memutuskan apakah akan meneruskan atau tidak.


Nah, itulah tips menghilangkan jerawat dewasa yang perlu kamu ketahui. Pilihlah juga produk multifungsi sehingga kamu tidak perlu memakai banyak produk. Jerawat dewasa bukan hal yang menakutkan asal kamu rajin merawat wajahmu ya, ladies!