Featured Image Article 4670

5 Cara Memakai Foundation dengan Tepat à la Makeup Artist Jepang

Memakai foundation bukan hanya soal memilih produk t ermahal karena kamu juga mesti menguasai teknik yang benar ya, ladies.

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Makeup

Kalau ingin bedak yang kamu gunakan jadi tahan lama sepanjang hari, salah satu caranya adalah memakai foundation (alas bedak). Saat ini variasi produk foundation sudah semakin beragam. Ada foundation yang mengandung pelembap, tabir surya, dan berbagai jenis lainnya. Sayangnya, penggunaan foundation memang tidak selalu mudah saat kamu melakukannya, sehingga kamu harus lebih memerhatikan cara memakai foundation agar make up kamu dapat tahan lama dan tidak cakey.

Salah seorang makeup artist ternama Jepang yang bernama Yuta Sato membagikan tips seputar penggunaan foundation yang benar. Yuk simak dulu tips ala Yuta Sato berikut ini agar kamu tak keliru lagi saat menggunakan foundation andalanmu, ladies!

5 Cara Memakai Foundation dengan Tepat à la Makeup Artist Jepang

Jangan asal-asalan dalam memakai foundation ya, karena penggunaan foundation yang salah dapat membuat foundation kamu menjadi terlihat murahan.

1. Siapkan Kuas untuk Hasil Maksimal

Foundation brush

Kalau ingin menghasilkan makeup yang maksimal, jangan malas menggunakan kuas karena kuas akan membuat foundation membaur secara merata pada wajahmu. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kuasmu ya, ladies. Agar risiko jerawat yang timbul karena kuas kotor tidak mengganggu kesehatan kulit wajahmu. Kamu juga perlu memerhatikan brush foundation yang tepat untuk wajahmu, brush foundation yang tepat adalah memiliki lengkungan di atasnya dan tidak setebal blush brush.

2. Menggunakan Foundation pada Pipi

Menggunakan foundation

Penggunaan foundation pada pipi harus dilakukan dengan gerakan ke arah samping. So, gerakkan kuasmu dengan cara menyamping dari bagian atas pipi hingga bagian bawah. Bila kamu melakukannya secara perlahan-lahan, maka foundation akan lekas menutupi semua permukaan pipi. Jerawat yang sedang memerah, noda bekas jerawat, dan kerutan pun akan tersamarkan dengan sempurna.

3. Meratakan Foundation dengan Spons

Foundation sponge

Ternyata penggunaan kuas saja belum cukup untuk meratakan foundation pada wajahmu. Di sinilah kamu membutuhkan spons. Gunakan sspons bersih untuk meratakan foundation di seluruh permukaan kulit wajah. Bagian di sekitar bawah mata dan rahang sebaiknya menjadi fokusmu karena kedua bagian tersebut rupanya menjadi bagian paling sulit ketika kamu meratakan foundation.

Tidak harus spons, kamu juga bisa menggunakan beauty blender untuk dapat membantu kamu meratakan foundation pada wajah kamu agar hasilnya halus dan merata.

4. Jangan Lupa Memakai Concealer

Concealer

Untuk menyempurnakan foundation dan menyamarkan kekurangan pada wajah, kamu juga wajib menggunakan concealer. Gunakan concealer pada bagian wajah yang belum tertutupi foundation dengan sempurna. Usapkan concealer tipis-tipis sehingga warna permukaan wajahmu semakin merata dan kelihatan natural.

5. Memperhatikan Sudut Bibir dan Sudut Hidung

Foundation

Sudut bibir dan sudut hidung juga tak boleh luput dari penggunaan concealer. Karena kedua bagian ini cukup sering berkeringat dan bisa membuat foundation lekas memudar. Usapkan pula concealer pada garis senyum (smile line) secara tipis-tipis agar tidak kelihatan berlebihan. Agar setiap sudut dapat terjangkau, kamu bisa menggunakan spons bentuk segitiga agar bisa menjangkau daerah seperti sudut hidung dan sudut bibir.


Bagaimana, ladies? Lakukan cara memakai foundation ini dan kamu bisa membuat make up wajah kamu tidak cakey dan dapat tahan lama.