Featured Image Article 4673

8 Bahan yang Bisa Kamu Manfaatkan sebagai Pembersih Wajah

Tidak perlu panik ketika pembersih wajah kamu habis, ladies!

Ayu Dewi Photo
Ayu Dewi
Editor
di Skin Care

Kulit wajah adalah bagian penting bagi wanita untuk selalu dirawat. Kulit wajah yang cerah menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang sehat dan dapat memancarkan kecantikan. Saat ini banyak sekali pilihan perawatan kecantikan yang bisa kamu lakukan dan banyaknya pilihan produk kecantikan yang juga bisa kamu gunakan.

Sayangnya, tidak semua produk kecantikan yang djual di pasaran cocok pada kulitmu karena bahan-bahan kimia yang dikandungnya. Agar lebih aman, kamu bisa lho membuat sendiri produk kecantikan kamu. Bagaimana caranya?

8 Bahan yang Bisa Kamu Manfaatkan sebagai Pembersih Wajah 

Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kamu lho, ladies!

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun

Sudah bukan rahasia lagi jika minyak zaitun sangat bagus untuk digunakan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Kamu bisa lho memanfaatkan bahan yang satu ini untuk pembersih wajah kamu. Minyak zaitun sangat bagus bagi kulit karena dapat melembapkan, mengandung antioksidan, dan mengandung lemaak baik untuk menangkal radikal bebas.

Kamu juga bisa membuat krim malam dengan mencampurkan 1/2 gelas minyak zaitun, 1/4 gelas cuka dan 1/4 gelas air. Krim malam ini nantinya akan sangat efektif untuk membunuh bakteri dan menghilangkan noda hitam pada wajah.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat bagus untuk membersihkan wajah tanpa menghilangkan kelembapan alami pada wajahmu. Justru kamu mendapatkan ekstra kelembapan ketika kamu mengusapkannya pada wajahmu. Caranya sangat mudah, kamu bisa menggunakan beberapa tetes minyak kelapa di kapas kemudian baurkan ke wajahmu. Kemudian taruh lap hangat di wajahmu dan biarkan selama 15-20 detik untuk membuka pori-pori kamu. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

3. Madu dan Lemon

Madu dan lemon

Madu dan lemon adalah kombinasi yang sangat bagus untuk antibakteri pada wajah. Citric acid pada lemon dapat membunuh bakteri yang ada pada wajah dan enzim yang terkandung di dalamnya dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Sedangkan madu mengandung antiseptik dan antioksidan yang sangat bagus untuk wajah. Cara membuatnya mudah, kamu hanya perlu menuangkan 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh jus lemon aduk secara merata kemudian baurkan pada kulit wajahmu. Biarkan sampai mengering lalu bilas dengan air bersih.

4. Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt mengandung lactic acid yang dapat mengangkat sel kulit mati, mengencangkan kulit dan mengurangi garis halus pada kulit, sehingga yoghurt sangat bagus untuk mencegah timbulnya jerawat dan dapat mencerahkan kulit wajah. Caranya, gunakan plain yoghurt dan baurkan pada wajah kamu, lalu biarkan selama beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

5. Cuka Apel

Cuka apel

PH yang dikandung oleh cuka apel sangat cocok untuk kulit sehingga dapat mencegah kulit breakout, tidak menyumbat di pori-pori, dan mencegah kulit terlalu kering dan terlalu basah. Cuka apel sangat bagus untuk dijadikan sebagai toner, kamu bisa menggunakannya dengan cara mencampur cuka apel dengan air, kemudian kocok. Lalu gunakan ke wajah dengan menggunakan kapas. Jika kulitmu menjadi kering, gunakanlah moisturizer untuk kembali menyeimbangkannya.


Nah, itu dia pembersih wajah yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit, ladies. Lebih aman dan tentunya bisa cocok dengan segala jenis kulit. Selamat mencobanya!