Featured Image Article 4674

Wajib Tahu! 5 Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Sempurna Menggunakan Make up

Pori-pori besar tak akan jadi halangan untuk tampil sempurna bila kamu tahu cara makeup yang tepat, ladies.

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Makeup

Masalah pada kulit tidak hanya karena jerawat dan flek hitam saja lho, ladies. Pori-pori yang besar seringkali menjadi masalah bagi kebanyakan wanita. Hal ini karena selain membuat wajah menjadi tampak kurang menarik, pori-pori yang besar cenderung membuat wajah menjadi lebih berminyak sehingga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Tapi, jangan baper dulu karena pori-pori besar pada kulit wajahmu, ladies. Kamu bisa lho membuat pori-pori wajah menjadi wajah menjadi lebih kecil dengan menggunakan cara berikut ini lho. Yuk, simak cara berikut ini!

5 Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Sempurna Menggunakan Make up

Kamu bisa mengecilkan pori-pori dengan sekejap tanpa ribet lho, ladies!

1. Membilas Wajah dengan Air Dingin

Mencuci wajah dengan air dingin

Sebaiknya kamu tidak mencuci wajah dengan air hangat, ya. Karena air hangat justru akan menstimulasi terbukanya pori-pori wajah. Sehingga tekstur pori-porimu jadi kelihatan semakin besar. Justru kamu mesti membilas wajah dengan air dingin usai menggunakan produk pembersih wajah. Sebab air dingin akan membuat pori-pori tampak mengecil dan kulit wajah terasa lebih kenyal.

2. Jangan Lupa Menggunakan Lotion Khusus atau Primer

Pakai primer

Ada dua pilihan produk kosmetik yang bisa kamu gunakan untuk wajah yang berpori-pori besar, yaitu lotion khusus wajah atau primer. Saat ini memang sudah banyak lotion khusus wajah yang berfungsi untuk menyamarkan pori-pori besar. Selain lotion khusus tersebut, penggunaan primer juga tak kalah ampuh lo, ladies. Primer tak hanya membuat pori-pori besar jadi tersamarkan, tetapi juga akan membuat makeup-mu jadi tahan lama sepanjang hari.

3. Sisihkan Waktu Ketika Memakai Foundation

Foundation

Menggunakan foundation memang menjadi salah satu cara ampuh untuk menyamarkan pori-pori wajah yang besar. Kamu mesti teliti memilih warna foundation yang paling sesuai dengan warna kulitmu. Jangan lupa mempertimbangkan warna lehermu supaya makeup wajah tidak bikin warna kulitmu jadi belang.

Mungkin kamu pernah merasa kesulitan saat menentukan warna foundation yang benar-benar sesuai dengan warna kulitmu. Kalau begitu, cobalah untuk memadukan dua warna foundation. Kamu bisa menggunakan jari, kuas makeup, atau beauty blender sesuai keinginan dan kebutuhan. Apapun alat bantu yang kamu gunakan saat memakai foundation, pastikan bahwa kamu sudah menggunakannya secara merata ya, ladies.

4. Memilih Bedak yang Partikelnya Halus

Memakai bedak

Tidak semua bedak cocok untuk kulit wajahmu yang berpori-pori besar. Kamu mesti mengandalkan bedak yang partikelnya halus agar bisa menyamarkan pori-pori dengan sempurna. Untuk proses finishing saat makeup, tepuk-tepukkan spons bedak perlahan-lahan pada selurh permukaan wajah. Dengan demikian, seluruh pori-pori wajah pun akan tertutupi bedak secara sempurna.

5. Produk Kosmetik dengan Kandungan Mineral Itu Baik

Menggunakan kosmetik

Yup, kandungan mineral pada kosmetik akan memenuhi kebutuhan nutrisi kulit wajahmu. Hasilnya, pori-pori pun akan lekas mengecil jika kamu menggunakan produk kosmetik berkualitas tersebut dengan benar. Ada beberapa jenis mineral yang sangat dibutuhkan kulit, antara lain iron oxide, titanium dioxide, zinc oxide, dan silica.

Kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi kesehatan kulit wajahmu karena produk-produk kosmetik yang mengandung mineral itu tentu sudah lolos rangkaian uji kesehatan sebelum diedarkan. Kulitmu pun akan lebih shiny dan mulus tanpa pori-pori yang besar.


Nah, bagaimana, ladies? Pori-pori kulit wajah yang besar tidak akan membuat kamu minder lagi kan? Jangan lupa untuk selalu rajin merawat kulit wajah kamu agar jerawat tidak mudah muncul di wajahmu ya.