Featured Image Article 4678

Tips Cantik dalam Menggunakan 10 Jenis Make up untuk Pemula

Tak perlu repot, ini dia tutorial makeup mudah step by step yang bisa kamu coba di rumah, ladies!

Wikan Photo
Wikan
Contributor
di Makeup

Make up seseoran memang tidak bisa dijadikan sebagai standar kecantikan seorang wanita. Namun, dengan makeup kamu bisa mengekspresikan jati dirimu dan menunjukkan kepribadianmu melalui riasan wajah yang kamu gunakan, lho! Make up memiliki banyak jenis dan kegunaan yang tentunya akan membuatmu bingung jika kamu baru mulai belajar make up.

Bagi kamu yang belum pernah mencoba menggunakan make up dan ingin menggunakannya untuk acara-acara special dengan keluarga atau pasanganmu, berikut ini akan dibahas mengenai tutorial makeup untuk pemula dengan langkah-langkah yang mudah dan bisa kamu coba sendiri di rumah. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini!

Tips Cantik dalam Menggunakan 10 Jenis Make up untuk Pemula

Sebelum memulai tutorial ini, pastikan wajahmu sudah bersih. Cuci wajah terlebih dahulu dengan facial foam andalanmu. Setelah siap, langsung kita mulai langkahnya berikut ini:

1. Primer

Primer

Aplikasikan primer pada daerah yang terdapat cekungan-cekungan bekas jerawat dan daerah yang berpori-pori besar saja ladies! Jangan gunakan primer ke seluruh permukaan wajah. Hanya dua daerah tersebut saja yang perlu dilapisi primer.

2. Corrector

Corrector

Jika kamu memiliki kantong mata yang perlu ditutupi, maka aplikasikan warna orange salmon di atas permukaan kantung mata dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan. Berikan warna hijau untuk daerah berjerawat dan berikan warna unggu untuk daerah yang ingin kamu cerahkan untuk membuat highlight. Setelah itu, aplikasikan corrector warna coklat atau warna kulit agar warna-warna tadi menyatu dengan warna kulit. Lihat gambar di atas untuk mengetahui setiap fungsi corrector.

3. Foundation

Foundation

 Pertama, gunakan foundation cream terlebih dahulu untuk menyamarkan noda dan cekungan bekas jerawat. Setelah itu tuangkan foundation liquid ke tanganmu dan totol-totolkan ke beberapa bagian wajah secara merata. Basahi beauty blender kamu kemudian ratakan foundation di wajahmu dengan cara ditepuk-tepuk dengan halus.

4. Bedak

Bedak

Aplikasikan bedak dengan menggunakan kuas besar ke seluruh permukaan wajahmu dan pastikan bedak merata dan menimpa seluruh bagian wajah yang sudah dilapisi foundation sebelumnya.

5. Alis

Tips cantik alis

Cara paling mudah untuk membuat alis adalah dengan membuat bingkai alis terlebih dahulu kemudian isi bagian dalam alis. Gunakan spoolie untuk menyisir alis agar rapi dan berwarna lebih soft.

6. Contouring

Contour

Trik mudah contouring adalah dengan menggunakan bronzer untuk menggambar angka 3 yang dimulai dari pelipis ke bawah mata kemudian dilanjutkan ke tulang pipi hingga rahang. Gambarlah angka 3 di kedua sisi wajah dan kedua sisi hidungmu.

7. Highlighter

Tips cantik menggunakan highlight

Aplikasikan highlighter pada bawah mata, tulang pipi, tulang hidung, sudut dalam mata, dan cupid bow/ cekungan di tengah atas bibir.

8. Blush on

Blush on

Jangan mengaplikasikan blush on dengan cara memonyongkan bibir, karena ketika bibirmu dalam posisi normal, warna blush on malah akan turun. Sebaiknya gunakan blush on, dengan cara tersenyum dan aplikasikab blush on pada apple cheek ke arah kuping kamu.

9. Riasan Mata

Merias mata

Aplikasikan eyeshadow warna terang ke seluruh kelopak mata, kemudian sapukan warna gelap ke 1/3 sudut luar mata hingga membentuk segitiga, setelah itu baurkan kedua warna tersebut. Aplikasikan eyeliner hitam di bagian kelopak mata sedekat mungkin dengan bulu mata dan garis bawah mata. Jepit bulu mata dan sapukan mascara di atasnya.

10. Bibir

Bibir

Untuk bagian ini, kamu bisa menggunakan lipstick favoritmu. Lapisi dengan lip gloss glitter di bagian tengah bibir agar terlihat penuh dan memberi kesan dramatis.


Nah, itulah tips cantik yang perlu kamu ingat untuk memakai macam-macam make up di atas, ladies! Jangan ragu untuk terus latihan agar hasil make up kamu semakin cantik ya!