Featured Image Article 4738

Memakai Lipstik Ternyata Berbahaya?

Apa betul salah satu jenis kosmetik ini memiliki bahaya terhadap bibirmu?

Leonita Photo
Leonita
Blogger
di Makeup

Rasanya tidak ada wanita yang sepanjang hidupnya tidak pernah menggunakan lipstik. Lipstik adalah salah satu produk make up yang paling mudah digunakan. Bentuk, jenis dan kegunaannya pun beragam, ada yang hanya untuk melembapkan saja, mewarnai bibir hingga berfungsi sebagai keduanya. Manfaat-manfaat dari menggunakan lipstik tentunya tidak perlu dijelaskan lagi. 

Jika kamu seringkali menggunakan lipstik, kamu perlu mengetahui bahwa rupanya lipstik memiliki dampak buruk terhadap bibirmu lho. Agar bibirmu tidak semakin rusak karena pemakaian lipstik yang berlebihan, bahaya-bahaya ini perlu kamu ketahui, ladies! Yuk, simak!

4 Bahaya Pemakaian Lipstik yang perlu Kamu Ketahui 

Kamu tidak mau kan bibir cantikmu menjadi rusak, ladies?

1. Bibir Bisa Menghitam

Bibir yang menghitam

Walaupun lipstik sudah diproduksi untuk mengubah warna dari bibir agar menjadi lebih menarik, namun, penggunaan lipstik yang tidak tepat dapat menyebabkan bibir menjadi menghitam lho.  Kondisi menghitamnya bibir ini tidak lain dan tidak bukan karena pengendapan dari pigmen warna yang dimiliki oleh lipstik itu sendiri.

Lipstik yang terlalu sering digunakan, tanpa dibersihkan terlebih dahulu, akan menyebabkan pigmen warna dari lipstik menjadi mengendap di bibir  dan pada akhirnya akan menjadi penyebab bibir menjadi menghitam. Tentunya bibir yang menghitam ini bisa kamu cegah dengan selalu membersihkan lipstik dari bibir setelah digunakan, selain itu jangan lupa untuk memperhatikan kandungan-kandungan yang ada didalam lipstik.

2. Alergi

Alergi

Lipstik juga dapat menyebabkan alergi dan biasanya alergi ini tandai dengan rasa gatal, perih hingga bengkak kemerahan di area bibir.Bahan yang menyebabkan alergi biasanya merupakan kandungan pigmen dan juga bahan kimia lainnya yang ada di dalam lipstik tersebut tidak dapat diterima oleh sistem kekebalan tubuhmu dengan baik. 

3. Mengandung Merkuri

Lipstik merkuri

Tentunya kamu seringkali mendengar kata merkuri dan bahan kimia ini seringkali dihubungkan dengan kata berbahaya. Lipstik merk palsu hingga beberapa produk lipstik yang belom teruji kelayakannya bisa saja mengandung merkuri. Kandungan merkuri ini tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. hal yang paling penting yang dapat terjadi karena kandungan merkuri ini adalah dapat menyebabkan kanker. Untuk mencegah mendapatkan lipstik bermerkuri, pastikan kamu membeli produk yang asli dan harganya rasional sehingga bahan-bahan yang dipakai untuk pembuatan lipstiknya pun lebih terjamin.

4. Dapat Menyebabkan Kulit Bibir Menjadi Pecah-Pecah dan Juga Kasar

Bibir kering

Bahaya lainnya yang bisa muncul dari penggunaan lipstik adalah bibir menjadi mudah pecah-pecah dan juga kasar. Hal ini dapat terjadi jika kamu terlalu sering menggunakan lipstik secara terus menerus, menghapusnya tidak bersih dengan tuntas dan juga tidak memperhatikan kandungan bahan kimia dari lipstik yang mungkin berbahaya bagi kesehatanmu.


Nah, itu dia bahaya yang bisa kamu terjadi pada bibirmu jika kamu memakai lipstik yang salah, ladies. Jadi, selalu telitilah lipstik yang hendak kamu beli ya, ladies.

Walaupun begitu, bahaya ini tidak selamanya akan menghinggapimu jika kamu teliti dalam memilih produk lipstik yang tepat dan kandungannya teruji.