Featured Image Article 4739

5 Bahan Alami Mengurangi Alergi Akibat Makeup Wajah

Wajahmu menjadi alergi karena kosmetik yang tidak cocok di kulit? Gunakan ini untuk meredakannya, ladies!

Leonita Photo
Leonita
Blogger
di Skin Care

Bagi wanita, memakai kosmetik adalah sebuah ritual penting yang harus selalu dilakukan sebelum keluar rumah. Namun sayangnya, tidak semua produk kosmetik cocok untuk digunakan di kulit setiap wanita. Itulah mengapa terkadang ada kalanya beberapa orang yang ternyata tidak cocok memakai suatu produk kosmetik yang mereka coba. Akibatnya, kulit akan menjadi alergi yang biasanya ditandai dengan kulit kemerahan, perih, gatal hingga mengelupas.

Jika kamu mengalami alergi tersebut, tidak perlu khawatir ladies, hal ini tentunya dapat disembuhkan. Langkah awal tentunya untuk jangan memakai lagi produk yang membuatmu alergi dan sebaiknya istirahatkan sejenak kulit dari pemakaian kosmetik apapun. Langkah selanjutnya kamu dapat mengaplikasikan bahan-bahan natural untuk membantu menenangkan kulitmu dari alergi. Apa saja bahan tersebut, yuk simak!

5 Bahan Alami Mengurangi Alergi Akibat Makeup Wajah

Jangan biarkan alergi kulit kamu menjadi lebih parah ya, ladies.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya

Salah satu cara yang paling efektif untuk menenangkan kulit yang sedang gatal dan meradang merah-merah akibat alergi adalah dengan menggunakan lidah buaya pada daerah yang alergi. Buatlah masker lidah buaya dan biarkan hingga radang sembuh atau setidaknya selama 15 menit. Lidah buaya memiliki sifat mendinginkan, melembabkan dan menyembuhkan. Kaya vitamin E yang dibutuhkan untuk meredakan alergi di kulit.

2. Air Mawar

Air mawar

Jika Anda punya air mawar, maka membasuh wajah atau menjadikan air mawar sebagai masker juga akan meredakan radang dan ruam kulit karena alergi kosmetik. Caranya, rendam kapas di air mawar, dan tempelkan sebagai masker pada wajah dan bagian yang terkena alergi. Kemudian pijat-pijat perlahan agar meresap dan gatal cepat hilang.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun

Minyak zaitun yang anti-radang dan menutrisi kulit akan sangat baik meredakan radang karena alergi make up. Minyak zaitun juga akan melembabkan secara alami, namun efeknya lebih lama dibandingkan lidah buaya.

4. Timun

Timun

Timun memiliki sifat mendinginkan dan melembabkan secara alami dan ampuh meredakan peradangan pada kulit alergi atau gatal-gatal. Haluskan mentimun bersama kulitnya dan rendam kapas di dalamnya. Kemudian diamkan di dalam kulkas selama beberapa menit. Ambil kapasnya dan jadikan sebagai masker untuk meredakan alergi.

5. Teh

Teh

Setelah kamu menyeduh teh, jangan langsung buang kantung teh-nya. Kamu bisa menempelkan kantung teh yang sudah diseduh ke area wajah yang gatal karena alergi. Usapkan perlahan sambil memijat wajah. Diamkan hingga 10-15 menit untuk menghilangkan gatal dan meredakan gatal. Lakukanlah setiap malam untuk hasil yang maksimal.


Nah, itu dia cara efektif membersihkan wajah yang gatal dan ruam merah karena alergi kosmetik atau make up. Namun yang paling penting, mulai sekarang perhatikan kandungan ketika kamu membeli kosmetik ya, ladies.