Featured Image Article 4767

Tidak Peduli Berapapun Usianya, 9 Tips Cantik Ini Selalu Dilakukan Wanita Jepang

Mungkin kamu juga ingin mencobanya, ladies?

Marga Photo
Marga
Editor
di Skin Care

Bagi wanita, sangat penting bagi kita untuk merawat kulit wajah dan tubuh. Hal ini karena perawatan yang kamu lakukan di usia 20-an akan berdampak pada kondisi kulit kita di usia 50-an nanti. Salah satu negara yang wanitanya memiliki kulit yang halus dan lembut adalah negara Jepang. Kulit wanita Jepang berapapun usianya, sangat jarang menemui wanita yang memiliki kondisi kulit buruk. Mereka baru mulai menua kulitnya di usia 50 tahun. Sementara kebanyakan dari kita sudah dimulai sejak usia 30 tahun.

Kulit wanita Jepang tidak memiliki gen cantik, sehingga alasan mengapa wanita Jepang memiliki kulit yang cerah, lembut, bersinar, dan awet muda adalah rajinnya mereka dalam merawat kulit. Lalu apa sajakah tips cantik yang menjadi rahasia mereka? Yuk, simak selengkapnya!

 9 Tips Cantik Ini Selalu Dilakukan Wanita Jepang

Simak selengkapnya di bawah ini yuk!

1. Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Produk

Pelembap

Wanita Jepang memiliki rutinitas kecantikan yang sederhana, dan tidak terlalu menggunakan terlalu banyak produk. Biasanya, mereka hanya menggunakan sabun wajah yang lembut dan tidak mengandung parfum untuk membersihkannya, dan facial oil untuk melembapkan wajah. Facial oil atau moisturizer ini biasanya dibuat dari bahan-bahan alami seperti beras, kacang azuki, rumput laut, atau teh hijau. Kemudian, mereka mengaplikasikan krim malam sebelum tidur.

2. Jangan Menggunakan Makeup Terlalu Tebal

Japanese makeup

Wanita Jepang percaya dengan istilah "Less is more", jika sedang membicarakan makeup. Mereka memilih produk makeup dengan sangat hati-hati dan tidak memakainya secara berlebihan. Dengan kulit yang sudah flawless, mereka hanya menggunakan makeup sebagai pelengkap saja, tapi bukan suatu hal yang sangat penting. Sebab, kebanyakan makeup dapat menyumbat pori-pori dan menambah satu lapisan produk pada kulit, yang sebenarnya mereka lebih suka tipis-tipis saja.

3. Minyak

Oil based product

Kebanyakan dari kita mungkin menghindari produk kecantikan yang mengandung minyak. Sementara itu, wanita Jepang justru memilih produk kecantikan dengan label "oil-based". Sebab, kandungan minyak dipercaya dapat melembapkan wajah dan dapat membersihkan lebih baik. Kuncinya adalah menghindari minyak mineral yang diketahui dapat menyumbat pori-pori dan meninggalkan residu. Akibatnya, kita jadi harus membersihkan wajah lagi dan ini justru tidak baik untuk wajah.

4. Bersihkan Wajah Setiap Malam

Cleanser

Ini aturan sederhana yang diikuti setiap wanita Jepang. Meskipun mereka tidak terlalu menggunakan makeup yang tebal, mereka tetap membersihkan wajahnya di malam hari agar kulit jadi segar, dan mudah bernapas. Rutinitas wanita Jepang untuk membersihkan kulit wajah adalah menggunakan teknik double cleansing. Langkah pertama double cleansing adalah dengan menggunakan facial cleanser untuk membersihkan makeup yang ada pada wajah kamu. Langkah kedua adalah memaksimalkannya dengan penggunaan facial wash. Utamakan daerah T-Zone seperti dahi dan hidung dan jangan menggosoknya secara kasar.

5. Lebih Memilih Menggunakan Topi dan Payung daripada Sunscreen

Memakai topi

Mungkin kamu terkejut mengetahui yang satu ini. Tapi kebanyakan wanita Jepang lebih memilih untuk tidak menggunakan sunscreen di wajahnya. Mereka lelbih suka menggunkan topi atau payung anti sinar UV. Hal ini seperti pada poin pertama dan kedua, mereka lebih suka dengan sedikit produk pada wajah.

6. Jangan Menggosoknya

Menggosok wajah

Kamu bisa berinvestasi pada produk perawatan kulit yang termahal atau termutakhir di pasaran, tapi rahasia sebenarnya adalah bagaimana kamu mengaplikasikannya. Kebanyakan dari kita mengaplikasikan produk perawatan kulit dengan gerakan jari memutar pada wajah. Lain halnya dengan wanita Jepang, mereka justru menepuk-nepukannya. Mereka menepuk-nepukkan wajah dari dagu ke arah atas sambil mengaplikasikan produk. Rupanya, ini dapat menstimulasi sirkulasi darah dan meningkatkan kemampuan sel untuk meremajakan dirinya.

7. Teh Hijau

Teh hijau

Tidak hanya skin care-nya yang kebanyakan berbahan teh hijau, wanita Jepang juga banyak minum teh hijau dalam eksehariannya. Teh hijau ini mengandung banyak antioksidan yang melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Maka dari itulah, mereka membutuhkan waktu yang lebih lama hingga kulitnya berkerut.

8. Tetap Tenang

Selalu tenang

Stres juga merupakan salah satu pemicu munculnya masalah di kulit wajah lho, ladies. Orang Jepang memiliki sebutan "Mienai Oshare", yaitu "Kecantikan yang tidak terlihat". Wanita Jepang selalu tampil anggun dan kalem. Inilah yang membuat mereka dapat menjaga kesehatan kulitnya.

9. Mengonsumsi Ikan

Makan ikan

Tidak seperti orang Barat yang kebanyakan mengonsumsi daging merah, orang Jepang justru lebih sering mengonsumsi ikan dan seafood lainnya yang mengandung essential oil, asam lemak, dan nutrisi lain yang berkontribusi pada kecantikan kulit. 


Jadi, apabila kamu ingin memiliki kulit cantik seperti wanita Jepang, mulai penuhi kulkas dan lemarimu dengan ikan serta teh hijau. Gunakan produk perawatan kulit yang benar-benar kamu butuhkan saja. Selamat mencoba!