Featured Image Article 4776

Tips Merawat Rambut Panjang yang Tidak Kamu Ketahui

Ingin rambut super panjang seperti Kim Kardashian atau Ariana Grande? Ikuti saja tips berikut ini agar rambutmu dapat tumbuh lebih panjang, dan tetap terlihat indah tanpa rontok dan pecah-pecah.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Hair

Rambut panjang memang memiliki pesonanya sendiri. Selain kesan feminin yang diberikan, rambut panjang juga memungkinkanmu untuk menatanya dengan lebih banyak gaya, mulai dari curly, beach waves, kepang, aneka macam sanggul, dan lain sebagainya. Sayangnya, tak semua orang memiliki rambut yang cukup sehat untuk bisa tumbuh panjang.

Ketika rambut sudah panjang pun, perawatannya juga cukup merepotkan. Kamu membutuhkan conditioner dan serum ekstra karena seringkali melakukan styling rambut yang membuat rambut kamu menjadi kering dan pecah-pecah. Tentunya kondisi ini sangat kamu hindari bukan? Nah, agar rambut kamu bisa selalu tumbuh dengan sehat dan panjang. Yuk, ikuti tips berikut ini!

7 Tips Merawat Rambut Panjang agar Tidak Pecah-Pecah

Jangan sampai rambutmu malah menjadi mudah rontok karena rambut yang panjang lho, ladies!

1. Ingat, Rambut Panjang Tak Bisa Tumbuh Dalam Semalam

Rambut panjang

Hal utama yang kamu perlukan jika ingin memiliki rambut panjang adalah kesabaran. Rambut perlu waktu untuk tumbuh panjang. Selain itu, rambut juga harus selalu sehat agar bisa bertahan sampai dengan panjang yang kamu inginkan. Rambut bisa tumbuh sekitar ¼ - ½ inchi setiap bulannya.

2. Gunting Rambutmu

Menggunting rambut

Ironisnya, kamu harus secara rutin menggunting rambutmu meski kamu ingin rambutmu cepat panjang. Menggunting ujung rambut sangat diperlukan untuk mencegah rambut bercabang dan pecah hingga ke atas. Cukup gunting rambut sepanjang 3 mm setiap 10-12 minggu. Melalui cara itu, rambutmu akan lebih sehat.

3. Pakai Kondisioner Setiap Kali Keramas, dan Jangan Pakai Shampo Setiap Kali Keramas

Kondisioner

Ketika rambutmu basah, itu artinya kamu harus memberi kondisioner. Rambut yang sering terekspos pewarna rambut atau alat-alat styling bisa semakin tipis di ujungnya. Kondisioner mampu mengganti lipid dan protein di dalam helai rambut, serta mengunci kutikula sehingga rambut dapat tumbuh lebih sehat dan panjang.

Sebaliknya, batasi penggunaan shampo karena shampo bisa mengambil kandungan minyak alami dari rambutmu, yang bisa membuatnya rusak. Ketika harus menggunakan shampo, pastikan kamu hanya menyampo pada kulit kepala dan membiarkan sisanya mengalir ke bawah tanpa menggosokannya pada helai rambutmu.

4. Gunakan Oil atau Masker Setiap Minggu dan Konsumsi Suplemen Untuk Rambut

Lavender oil

Rambut pada level bahu dan di bawahnya mungkin berusia beberapa tahun lebih tua, sehingga memerlukan perawatan lebih intensif. Gunakan masker atau oil untuk melembabkannya dengan lebih dalam. Kamu bisa mencampurkan 1 cangkir minyak kelapa, 1 sdm almond, 1 sdm macadamia, dan 1 sdm jojoba oil. Gunakan pada rambut basah selama 10 menit, kemudian bilas dengan shampo dan gunakan kondisioner. Minyak tersebut akan mengisi helai rambutmu dengan asam lemak sehingga makin sehat. Selain itu, perawatan dari dalam juga bisa sangat membantu, yang bisa kamu lakukan dengan mengkonsumsi suplemen, seperti biotin tablet dan lain sebagainya.    

5. Sisir Rambut dengan Hati-hati dan Gunakan Sarung Bantal Satin

Sarung bantal

Menyisir rambut dapat merusak rambut, jadi pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati. Sisirlah dari ujung ke atas agar rambut yang kusut bisa terurai dengan mudah. Gunakan juga brush berkualitas. Selain itu, mengganti sarung bantal katun dengan bahan satin juga bisa membantu karena satin memiliki permukaan yang lebih halus sehingga rambut tidak riskan kusut.

6. Jangan Membungkus Rambut dengan Handuk Tebal

Mengeringkan rambut

Dengan membungkus rambut menggunakan handuk yang tebal, rambutmu akan tertarik terutama bagian rambut di sekitar wajah yang lebih lembut dan rapuh. Kalau kamu suka membungkus rambutmu dengan handuk, gunakanlah handuk yang lebih tipis dari microfiber, sehingga tidak akan merusak rambutmu. Buat kamu yang suka menguncir rambut, sebaiknya pindah-pindahkan juga letak kuncirmu agar rambut tetap kuat dan dapat tumbuh panjang.

7. Bilas Rambut Dengan Air Dingin Setiap Kali Mandi

Bilas rambut

Sebelum mengakhiri ritual mandimu, bilaslah rambutmu dengan air dingin, cara ini cukup efektif untuk membantu menumbuhkan rambut dan menjaganya tetap sehat dan panjang. Air dingin dapat mencegah hilangnya kelembaban alami rambut. Kamu hanya perlu melakukannya beberapa detik, namun manfaatnya luar biasa.


Melalui tips merawat rambut di atas, kamu pun akan memiliki aset berharga rambut panjang dan indah berkilau.