Featured Image Article 481

Bau Mulut? Cek Dulu Deh Penyebabnya Disini

Bau mulut? Ih malu dong! Yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja sih penyebab bau mulut supaya kamu tahu apa yang harus dihindari.

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Lifestyle

Bau mulut? Ih! Nggak banget gak sih, ladies? Tentu memalukan jika sampai lawan bicara kita mencium bau yang tidak sedap keluar dari mulut kita. Oleh karena itu, mari kita bahas bersama apa saja sih penyebab bau mulut berikut ini.

Bau mulut, atau secara medis lebih dikenal sebagai halitosis, merupakan akibat dari kesehatan gigi dan mulut yang kurang, namun bisa juga menjadi gejala awal gangguan kesehatan lainnya.

Bau mulut juga dapat menjadi lebih parah tergantung jenis makanan yang dikonsumsi serta gaya hidup yang tidak sehat.

Penyebab Bau Mulut

Tenggorokan dan Mulut Kering

Penyebab paling sering dari bau mulut adalah tenggorokan dan mulut yang kering. Tenggorokan dan mulut kering terjadi karena kamu tidak minum cukup banyak air atau kamu baru bangun tidur atau sedang melakukan perjalanan jauh. Kondisi-kondisi tersebut merupakan kondisi dimana tubuhmu memperlambat produk air liur (saliva).

Kondisi tenggorokan dan mulut yang kering dapat mengakibatkan sel-sel pada daerah lidah mati, kemudian berubah menjadi bakteri. Proses perubahan sel menjadi bakteri ini lah yang mengeluarkan bau yang tidak sedap pada bau mulut.

Bau mulut sebagian besar disebabkan oleh bakteri yang menempel pada lidah, selain pada sela-sela gigi. Oleh karena itu, pastikan kamu menyikat gigi dan lidah dengan seksama agar bersih dan tidak meninggalkan sisa makanan.

Gaya Hidup & Makanan yang Dikonsumsi

Penyebab bau mulut lainnya adalah makanan yang kita konsumsi. Makanan di era modern ini terlalu banyak mengandung bumbu seperti bawang putih atau bawang merah. Memang kedua makanan tersebut mengandung banyak nutrisi yang justru bisa meningkatkan ketahanan tubuh, akan tetapi bila terlalu banyak, maka bisa membuat bau mulut.

Selain makanan, gaya hidup merokok juga merupakan faktor utama yang bisa membuat bau mulut.

Diet, pola makan yang salah, dan berpuasa juga dapat mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap sebagai akibat pembakaran lemak dan produksi keton yang ternyata mengeluarkan bau.

Kondisi Medis Tertentu

Selain kedua penyebab di atas, bau mulut juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Bau mulut dapat diakibatkan oleh xerostomia (mulut kering sebagai akibat obat-obatan yang sedang dikonsumsi), infeksi tenggorokan dan paru-paru, penyakit ginjal atau hati, diabetes, dan masih banyak lagi.

Jika kamu mencurigai kondisi di atas terjadi padamu, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan dan solusi profesional.

BACA JUGA: Tips Mengatasi Masalah Bau Kaki