Featured Image Article 4882

Apa Kamu Telah Merawat Rambut Kamu dengan Tepat?

Bisa jadi kebiasaan ini sering kamu lakukan lho, ladies!

Ayu Dewi Photo
Ayu Dewi
Editor
di Hair

Rambut adalah mahkota wanita, untuk itu sangat penting untuk dijaga kesehatan dan kebersihannya. Perawatan untuk rambut pun bermacam-macam mulai dari hairmask, creambath ataupun sekada keramas. Meskipun begitu, perawatan-perawatan untuk rambut bisa jadi malah merusak rambut lho. Jika kamu terlalu sering keramas, maka rambut malah akan rontok dan kulit kepala menjadi kering. 

Ada banyak perawatan rambut yang malah membuat rambut menjadi semakin rusak. Kamu tidak mau kan salah melakukan perawatan pada rambut kamu, ladies? Nah, agar rambut kamu tetap bisa menjadi sehat dan kuat kamu perlu mengetahui kebiasaan-kebiasaan apa saja yang malah membuat rambut kamu menjadi rusak. Yuk, simak!

6 Kesalahan Merawat Rambut yang Perlu Kamu Ketahui

Jangan sampai rambut kamu rontok karena melakukan hal-hal tidak disadari ini, ladies.

1. Menggunakan Dry Shampoo untuk Membersihkan Rambut

Dry shampoo

Kebanyakan dari kita seringkali menjadikan dry shampoo sebagai solusi jika rambut sedang lepek. Justru sebenarnya dry shampoo malah menutupi pori-pori di kulit kepala dan menutupi bau tidak sedap di di kepala dengan parfumnya. Intinya, jika memang kamu ingin menggunakan dry shampoo, gunakanlah dua sampai tiga kali dalam seminggu.

2. Melewatkan Conditioner (Meskipun Hanya Sekali Saja)

Conditioner

Terkadang tanpa disadari kita seringkali melewatkan pemakaian conditioner karena terburu-buru ingin segera selesai keramas. Padahal, conditioner bisa melembapkan rambut dan mencegah rambut dari kekeringan. Conditioner bisa mengunci kelembapan dalam kutikula rambut dan membuat rambut menjadi kuat, sehingga mencegah rambut rontok.

3. Meremas Rambut Ketika Keramas

Meremas rambut

Ketika kamu keramas, jangan meremas rambut kamu hingga ke ujung kepala. Meremas rambut malah akan membuat rambut kamu menjadi kusut sehingga rambut tersangkut di jari dan rontok. Daripada kamu meremas rambut kamu, sebaiknya kamu memijat bagian kulit kepala dengan jarimu, kemudian biarkan sampi turun dengan sendirinya dari bagian atas rambut ke bawah.

4. Membiarkan Air Mengalir Ketika Keramas

Keramas

Memang rasanya enak sekali ketika keramas kamu hanya membiarkan air mengalir dari atas rambut kamu ke bawah. Namun, jangan terbuai begitu saja. Sampo kamu tidak akan bersih jika kamu hanya membilasnya dengan air saja, malah bisa menjadi ketombe. Pijat halus rambut kamu agar produk-produk rambut kamu bisa terbilas dengan bersih.

5. Menggunakan Sampo Bebas Sulfat

Sampo

Menggunakan sampo bebas sulfat memang bisa membuat kamu merasa hangat ketika menggunakannya. Padahal sebenarnya sulfat tidak benar-benar jelek untuk rambutmu. Malah untuk beberapa tipe rambut, bisa membuat rambut kamu menjadi lebih ringan.

6. Menggunakan Produk Spesifikasi Tanpa Berkonsultasi dengan Stylist

Sampo

Jika kamu sering menggunakan produk khusus untuk rambutmu karena merasa rambutmu bermasalah tanpa berkonsultasi dengan ahli rambut malah akan membahayakn rambut kamu. Misalnya, jika kamu ingin rambut kamu bervolume, kamu hanya membutuhkan sampo dengan pengontrol minyak atau sampo eksfoliasi dibandingkan produk yang biisa membuat rambut menjadi bervolume.


Nah, itu dia kesalahan merawat rambut yang tanpa kamu sadar sering kamu lakukan. Jadi, mana kebiasaan yang sering kamu lakukan, ladies?