Featured Image Article 4886

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Memanfaatkan Tea Tree Oil

Tea tree tidak hanya bagus untuk wajah lho, melainkan juga bagus untuk rambut.

Ayu Dewi Photo
Ayu Dewi
Editor
di Hair

Dalam dunia kecantikan, tea tree oil sudah tidak asing lagi untuk mengempeskan jerawat dan mengontrol minyak jerawat. Tapi, tahukah kamu bahwa tea tree oil juga bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan rambut agar menjadi lebih subur dan membuat rambut menjadi lebih panjang. Tea tree oil sendiri merupakan minyak dari semak belukar tumbuhan tea tree yang ada di Australia.

Bagi rambut, tea tree oil bisa menjadi bahan alami untuk sampo dan conditioner untuk menghilangkan ketombe. Tea tree oil dapat memperlancar sirkulasi dalam darah yang bisa menteralisir racun sehingga menstimulasi pertumbuhan folikel rambut. Tea tree oil mengandung antiseptik, antijamur, antibakteri dan anti-inflammatory serta antioksidan yang bisa membuat rambut menjadi bersih dan sehat. Lalu bagaimana cara memanfaatkannya?

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Memanfaatkan Tea Tree Oil

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 Sdm minyak (zaitun, minyak jarak, minyak kelapa, ataupun cuka apel)
  • 10 tetes tea tree oil
  • Wadah untuk mengaduk
  • Handuk hangat

Langkah-langkah:

  1. Campurkan tea tree oil dengan minyak tadi dalam suatu wadah.
  2. Panaskan minyak hingga sedikit panas. Sebaiknya taruh wadah di atas air panas agar minyak tidak menjadi terlalu panas.
  3. Bagi rambut kamu menjadi beberapa bagian, kemudian aplikasikan minyak pada kulit kepala dan rambut.
  4. Setelah seluruh kulit kepala tertutupi dengan minyak, pijatlah selama kurang lebih 10 menit.
  5. Tutup handuk panas di sekitar rambut agar rambut tetap dalam kondisi panas, sehingga bisa membuka folikel dan membersihkan folikel rambut.
  6. Biarkan handuk selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan cara keramas menggunakan sampo dan conditioner.
  7. Kamu juga bisa menggunakan minyak selama semalaman untuk hasil yang maksimal.

Karena keramas setiap hari tidak bagus untuk kesehatan rambutmu, maka sebaiknya kamu menggunakan perawatan ini tidak lebih dari tiga kali dalam seminggu. Jenis rambut berminyak bisa menggunakan minyak yang lebih ringan seperti jojoba oil atau minyak zaitun sebagai campuran tea tree oil.

Campurkan Minyak Apa Saja yang Bagus untuk Rambut?

1. Tea Tree Oil dan Minyak Zaitun untuk Pertumbuhan Rambut

Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat bagus untuk conditioner alami untuk kesehatan dan elastisitas rambut. Minyak ini dapat mencegah dari rambut rusak dan dapat meringankan rambut. Minyak zaitun bisa menumbuhkan rambut jika dikombinasikan dengan tea tree oil sehingga membuatnya lebih melembapkan rambut. Sangat ideal untuk melembapkan rambut karena minyak zaitun bagus untuk dipakai semua jenis rambut karena bisa membuat rambut menjadi tampak lebih lembut dan bersinar.

2. Tea Tree Oil dan Minyak Jojoba untuk Pertumbuhan Rambut

Jojoba oil

Minyak jojoba sangat bagus untuk kulit kepala kamu terutama untuk kamu yang memiliki kulit kepala berminyak. Penggunaan jojoba oil bisa membuat kulit kepala menjadi lebih dingin dan membuat rambut menjadi lebih kuat dan memicu pertumbuhan rambut. Minyak rambut ini juga meminimalisir kerusakan pada rambut yang diakibatkan oleh styling rambut sehingga membuatnya menjadi lebih lembut dan berkilau.

3.Tea Tree Oil dan Minyak Kelapa untuk Pertumbuhan Rambut

Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan minyak yang sangat populer untuk masuk ke dalam rambut. Minyak kelapa ini bisa masuk ke rambut untuk masuk ke kutikula rambut dan menutrisi pertumbuhan rambut karena kaya akan lemak jenuh. Minyak ini dapat mencegah kekurangan protein pada rambut dan membuatnya sehat dan kuat. Campurannya dengan tea tree oil bisa menutrisi rambut dan meningkatkan kulit kepala dan menstimulasi pertumbuhan rambut.


Hati-hati ketika membersihkan minyak kelapa pada rambut karena jika tidak dicuci dengan benar bisa membuat rambut menjadi lepek. Minyak kelapa sangat cocok untuk kamu yang memiliki jenis rambut kering.