Featured Image Article 4923

7 Bahan Perawatan Rambut Alami Ini Benar-Benar Bagus untuk Rambut Kamu

Saran nenek kamu ternyata benar-benar bekerja terhadap kamu lho

Ayu Dewi Photo
Ayu Dewi
Editor
di Hair

Bagi wanita, rambut adalah bagian penting yang harus selalu dirawat setelah wajah. Jika perawatan yang kamu lakukan terhadap rambut tepat, maka kondisi rambut kamu pun akan menjadi tampak berkilau dan kuat. Banyak orang yang seringkali melakukan styling rambut tanpa memperhatikan kondisi rambut, sehingga rambut menjadi mudah rontok dan kusam. Perawatan rambut bisa kamu lakukan di rumah dengan menggunakan produk-produk yang dijual di pasaran. Tapi, ternyata kamu tidak hanya bisa menggunakan produk-produk yang di pasaran saja lho, bahan-bahan alami juga bisa memiliki banyak manfaat untuk rambut kamu.

7 Bahan Perawatan Rambut Alami Ini Benar-Benar Bagus untuk Rambut Kamu

Bahan-bahan alami tidak akan kamu sangka memiliki manfaat bagus untuk rambut kamu lho.

1. Madu dan Minyak Zaitun Membuat Rambut Berkilau

Madu

Madu mengandung formula khusus yang bisa mencegah rambut menjadi kering dan keluar-keluar. Madu mengandung hidrogen peroksida yang bermanfaat untuk membuat rambut menjadi berkilau secara alami dan rambut tampak lembut. Caranya mudah, basahkan rambut kamu terlebih dahulu kemudian gunakan campurna madu dan minyak zaitun ini pada rambut secara merata, baru kemudian keramaslah dengan menggunakan sampo seperti biasa.

2. Mayones sebagai Conditioner

Madu

Tidak seperti bahan kimia lainnya, mayones dipenuhi dengan minyak dan protein yang bisa membuat rambut menjadi kuat dan lembap sepanjang hari. Mayones bisa melembutkan rambut dan membuatnya menjadi lebih berkilau karena telur sebagai kandungan telur bisa membuat batang rambut menjadi lebih kuat. Cara meggunakannya mudah, kamu hanya perlu membasahkan seluruh permukaan rambut kamu, kemudian gunakan mayones pada seluruh permukaan rambut lalu tutup dengan menggunakan shower cap selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air dan keramaslah menggunakan sampo seperti biasa.

3. Menggunakan Alpukat sebagai Deep Conditioning

Alpukat

Alpukat sangat bagus untuk melembapkan rambut yang kering. Campurkan alpukat dengan madu dan minyak kelapa dalam suatu wadah. Cara menggunakannya yaitu basahkan rambut kamu kemudian gunakan alpukat sebagai deep conditioning, kemudian keramaslah dengan menggunakan sampo seperti biasa.

4. Coca Cola dapat Membuat Rambut Menjadi Berkilau

Soda

Coca cola mengandung asam yang bisa membuat rambut menjadi lebih berkilau dan lembut kembali. Kamu hanya perlu menaruh coca cola di kulkas, kemudian basahkan rambut kamu, lalu gunakan coca cola untuk membasahkan rambut menjadi berkilau. Namun, kamu harus segera membilasnya dengan air agar rambut tidak lengket.

5. Telur Membantu Pertumbuhan Rambut

Telur

Terlalu sering styling ataupun mewarnai rambut dapat membuat rambut kamu menjadi rusak. Kamu bisa menggunakan telur untuk memperbaiki rambut kamu. Telur kaya akan protein yang bisa membuat kamu menjadi lebih kuat. Tambahkan minyak zaitun untuk membuat rambut kamu kuat dan juga berkilau.

6. Gunakan Jus Lemon sebagai Bleaching Alami

Lemon

Daripada kamu menggunakan bleaching kimia yang berbahaya untuk tubuh, kamu bisa menggunakan jus lemon untuk highlight natural sehingga rambut kamu tambah lebih terang karena sinar matahari. Warna ini sangat cocok untuk kamu yang ingin warna terang alami sinar matahari, bukan bleaching bahan kimia.

7. Cuka Apel untuk Membuat Rambut Menjadi Lebih lembut

Cuka apel

Jika rambut kamu sering kusut, cobalah menggunakan cuka apel yang disemprotkan ke rambut. Kamu tidak perlu menggunakan cuka apel kepada seluruh rambut, namun bisa menggunakan cuka apel untuk pada bagian yang kusut. Hasil yang diberikan pun tidak hanya rambut halus, namun juga rambut yang berkilau.


Nah, itu dia bahan perawatan alami yang bisa kamu gunakan, ladies. Selamat mencobanya!